logo


Perkenalkan! Tapika, Tepung Roti dari Talas, Pisang, dan Kacang Hijau

Tapika merupakan tepung pembuat roll cake

9 Oktober 2015 15:19 WIB

Ilustrasi tepung tapika. (Ist)
Ilustrasi tepung tapika. (Ist)

SURABAYA, JITUNEWS.COM- Jiwa kreatif nan inovatif acapkali lahir dari sosok muda yang tengah bersemangat. Seperti yang dilakukan oleh Ignasius Riven Boi, mahasiswa Prodi Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Dr. Soetomo Surabaya. 

Bukan robot, sistem komputer, ataupun gadget, pria ini melahirkan inovasi di bidang pangan, yang mana bidang pangan merupakan kebutuhan pokok setiap insan manusia. Nah, yang menjadi pertanyaan, ia menghasilkan inovasi apa yaa? Penasaran? 

Yup, pria yang akrab disapa Riven ini, mengolaborasikan talas, pisang, dan kacang hijau menjadi tepung roti. Seperti dikutip radar surabaya, ide inovasi ini lantaran di Manggarai Barat, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), talas, pisang, dan kacang hijau hanya dibiarkan begitu saja tanpa guna. 


Ganjar Pranowo Akan Coba Aplikasi Nelayan Pintar

Melihat kondisi tersebut, terbesit dalam benak Riven untuk mengolaborasikan bahan tersebut menjadi sebuah produk yang lebih bermanfaat. Alhasil, dipilihlah tepung sebagai produk inovatifnya. "Di NTT, talas, pisang, dan kacang hijau sering dibiarkan. Paling banter dimakan oleh ternak peliharaan, seperti babi," ujar Riven, di Surabaya.

Bukan sekedar tepung biasa, Riven mengolah talas, pisang, dan kacang hijau menjadi tepung komposit, yang bisa digunakan sebagai bahan baku pembuat roll cake. Tepung yang dihasilkan Riven, diberinya nama Tapika. Sesuai dengan namanya, Tapika berarti talas, pisang, dan kacang hijau. “Keberadaan tepung tapika mampu mendorong warga di Manggarai untuk membuat roll cake,” katanya saat memaparkan inovasi yang terangkum dalam tugas akhirnya, di Surabaya.

Pemuda kelahiran 26 November 1989 ini pun menjelaskan, untuk proses pembuatan tepung tapika ini, talas dan pisang dipotong dan dikeringkan, yang selanjutnya digiling. Sementara kacang hijau disangrai, dan juga digiling hingga halus. Selanjutnya, bahan-bahan yang sudah digiling halus tersebut dicampur. Campuran itu pun sudah bisa digunakan sebagai bahan baku pembuat roll cake. 

 

Mahasiswa IPB Ciptakan Robot untuk Bantu Pekerjaan Petani

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro