logo


Agar Daun Si Bunga Pucuk Merah Selalu Merona, Lakukan Langkah Jitu Ini!

Keunikan tanaman yang satu ini adalah memiliki warna merah pada pucuknya

8 Oktober 2015 00:00 WIB

Tanaman hias bunga pucuk merah. (Ist)
Tanaman hias bunga pucuk merah. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM  - Keunikan tanaman yang satu ini adalah memiliki warna merah pada pucuknya.inilah yang menjadi alasan, kenapa tanaman hias yang memiliki nama Bunga pucuk merah begitu populer dikalangan para penghobi tanaman hias. Sebagai orang awam, mungkin Anda tidak akan sadar, tanaman ini kerap Anda lihat di berbagai ruangan outdoor maupun indoor.

Tanaman yang memiliki nama latin Syzygium oleana, sepintas memang mirip dengan tanaman cengkeh. Namun untuk penanamannya biasanya dibentuk seperti cemara untuk menonjolkan warna merah di pucuknya.
Jika Anda tertarik untuk menanam tanaman ini dirumah, cocoknya tanaman ini memang diletakkan diareal halaman depan untuk merangsang pucuk-pucuknya agar tumbuh sempurna. Tanaman ini memang menyukai lokasi yang terkena paparan sinar matahari yang cukup. Hal ini memang berdampak secara langsung terhadap warna merah yang ada di pucuknya, agar senantiasa berwarna merah merona.

Menurut pengusaha tanaman hias, Sutaryani Sujoko yang memiliki usaha tanaman hias di bilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Mengungkapkan kepada JITUNEWS, saat dihubungi via telepon. Tanaman bunga pucuk merah relative mudah ditanam dan dirawat.
Menurutnya untuk mempertahankan pucuk bunga yang indah, haruslah rutin dilakukan pemangkasan. 

“Hal ini dilakukan, agar tajuk tanaman selalu terjaga dan mempertahankan warna merah sebagai cirri khasnya,” kata Sutaryani.
Lebih lanjut ia menuturkan bahwa waktu ideal untuk pemangkasan dilakukan dalam rentang waktu dua minggu sekali. Dengan cara memilih warna pucuk daun yang sudah terlihat tua. Biasanya hal ini ditandai dengan warna daun yang tak lagi merah. Pemangkasan pun, menurut Sutaryani tidak harus dilakukan dengan gunting khusus, namun menggunakan tangan pun bisa dilakukan.

“ Tapi saat dipangkas, harus tepat di ruas cabangnya, hal ini bertujuan agar tunas yang baru tumbuh lebih cepat,”pungkasnya.
Hal lain yang sering ditemui saat perawatan tanaman hias ini, seringkali warna pucuknya tidak merata. Kenapa bisa demikian?
Sutaryani mengungkapkan bahwa hal ini disebabkan paparan sinar matahari yang didapatkan si bunga pucuk merah tidak merata. Jika Anda memang menanam tanaman ini di pot, saran yang diutarakan oleh Sutaryani agar rajin memutar posisi tanaman minimal dua minggu sekali.

Selain itu, agar tumbuh subur berilah pupuk NPK yang bisa diberi minimal dua bulan sekali dan intensitas penyiraman yang cukup rutin, karena bunga pucuk merah memerlukan kadar air yang tinggi untuk mempertahankan warna pucuk daunnya.

10 Tanaman Hias Langka di Dunia

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah