logo


Penuhi Kebutuhan Listrik 60 MW, PLN Bangun PLTGU di Pasuruan

Pihak PLN menargetkan PLTGU akan selesai dalam jangka waktu selama 26 bulan

7 Oktober 2015 17:32 WIB


SURABAYA, JITUNEWS.COM - Dari program pembangkit listrik 35.000 Megawatt (MW), PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) Tbk wilayah Jawa Timur (Jatim) hanya mendapatkan kapasitas sebesar 60 MW untuk disalurkan ke seluruh wilayahnya.

Manager Komunikasi, Hukum dan Administrasi PLN Jatim, Suhatman mengungkapkan, bahwa untuk memenuhi kebutuhan listrik 60 MW tersebut, PLN nantinya akan membangu Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) di Grati, Pasuruan.

"PLTGU Grati Ekspansi 450 MW yang merupakan bagian dari proyek 35.000 MW, dibangun menyusul ditandatanganinya dokumen kontrak engineering, procurement, construction (EPC) pada Jum'at 19 Juni 2015 yang lalu di Kantor PLN Pusat," ungkap Suhatman kepada media, Surabaya, Rabu (7/10).


PLN Sudah Beri Diskon dan Gratiskan Listrik ke 8,5 Juta Pelanggan

Suhatman mengatakan, ekspansi sebesar 450 MW oleh PLTGU Grati ini ditargetkan selesai dalam waktu 26 bulan setelah kontrak berjalan secara efektif. "Listrik yang dihasilkan ini nantinya berfungsi sebagai pemikul beban puncak (peaker) pada sistem kelistrikan Jawa-Bali," ujarnya.

Sebelumnya, pada tanggal 4 Mei 2015 lalu telah ditandatangani Letter of Intent (LoI) EPC PLTGU Grati Ekpansi oleh Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, di hadapan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada peluncuran proyek 35.000 MW di Yogyakarta.

Penandatanganan kontrak juga dilakukan oleh Kepala Divisi Konstruksi Pembangkit PLN, Adang Sudrajat, dengan pihak konsorsium pembangunan PLTGU Grati Ekspansi yaitu Vice President Samsung C&T Corporation, Joon Suk Choi, Senior Executive Vice President Lotte E&C Co.,Ltd, Hyun Kab Kim, dan General Manger PT Hutama Karya (Persero) Tbk, Sigit Winarto. (Ari Setiawan)

Siapkan Kebutuhan Listrik Masa Depan, Transformasi PLN 'Power Beyond Generations'

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin
 
×
×