logo


Lewat Jalur Pipa, Pertagas Bakal Salurkan Gas ke Petrokimia

Gas yang akan disalurkan adalah sebesar 85 MMSCFD ke pabrik Amoniak-Urea II

7 Oktober 2015 12:53 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anak usaha PT Pertamina (Persero) Tbk, PT Pertamina Gas (Pertagas), menandatangani perjanjian pengangkutan gas bumi melalui pipa dengan pihak PT Petrokimia Gresik.

Melalui perjanjian tersebut, pihak Pertagas akan menyalurkan gas milik Husky CNOOC Madura Limited untuk memenuhi pasokan gas pabrik baru Petrokima Gresik, Amoniak-Urea II.

Presiden Direktur Pertagas, Hendra Jaya mengungkapkan, bahwa pembelian gas secara langsung ini bisa terjadi lantaran pipa transmisi gas yang dimiliki Pertagas berstatus open access.


Bersinergi, Pertagas dan Petro Muba Garap Kilang LPG

"Pertagas hanya sebagai transporter. Sementara pembelian gas dilakukan Petrokima Gresik dengan Husky. Pola seperti ini tentunya menguntungkan bagi konsumen lantaran bisa bertransaksi langsung dengan produsen gas," ungkap Hendra saat ditemui di Gedung Oil Center, Jakarta, Rabu (7/10).

Hendra menekankan, bahwa bentuk perjanjian ini merupakan komitmen Pertagas dalam menjaga ketahanan pangan dalam negeri. Pihak Husky sendiri akan menyalurkan gas sebesar 85 MMSCFD (Million Standard Cubic Feet per Day) kepada pabrik tersebut melalui ruas pipa East Java Gas Pipeline milik Pertagas.

Penyaluran gas tersebut diharapkan dapat mendorong pabrik Amoniak-Urea II milik Petrokima Gresik dalam memproduksi amoniak sebanyak 2.000 metrik ton per hari, dan urea sebanyak 1.725 metrik ton per hari.

"Penambahan produksi pupuk dari Petrokimia Gresik diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan Indonesia," ujar Direktur Utama Petrokimia Gresik, Hidayat Nyakman.

Dengan penandatanganan ini, Pertagas memastikan penyaluran gas ke pabrik tersebut dapat berjalan lancar. Cara yang dilakukannya adalah dengan mengembangkan pipa open access looping baru di EJGP, dengan titik terima gas dari Pagerungan melalui tiga ruas. Pertagas juga akan mengembangkan pipa looping ruas Gresik, dengan diameter 12 inci, dan panjang 4,65 km, yang berkapasitas 100 MMSCFD.

Gunakan GasMin, Industri Kecil di Sidoarjo Mampu Tingkatkan Omset Secara Efektif

Halaman: 
Penulis : Hizbul Ridho, Deni Muhtarudin