logo


Citarasa Ajib Sate Sapi Berbalut Poya Kelapa ala Sate Klopo Ondomohen

Artis seperti Bucek Deep, Shahnaz Haque, dan Dewi Yul sering juga datang ke tempat ini

6 Oktober 2015 13:08 WIB


SURABAYA, JITUNEWS.COM - Saat Anda melancong ke Surabaya, jangan lupa mampir sejenak mencicip kuliner istimewa yang sudah terkenal seantero Kota Pahlawan. Terletak di Jalan Walikota Mustajab, terdapat  sate olahan bercitarasa unik khas dari Pulau Garam, Madura, yakni Sate Klopo Ondomohen. Nama Ondomohen merupakan nama sebuah gang di Jalan Walikota Mustajab, dan merupakan sentra Sate Klopo ini mangkal pertama kali. Namun, dari banyak penjual Sate Klopo di kawasan tersebut, Sate Klopo milik Asih Sudarmi inilah yang menjadi most wanted bagi pecinta kuliner tusukan daging bakar ini.

Asih Sudarmi merupakan generasi kedua dari usaha dagang Sate Klopo yang diwariskan dari mertuanya yang sudah berjualan sejak tahun 1948. Sedangkan Asih baru menjalankannya di tahun 1985. Dulu warung Sate Klopo Ondomohen berlokasi di gang Ondomohen. Namun, sejak tahun 2010, warung Sate Klopo Ondomohen pindah ke Jalan Walikota Mustajab No. 36.

Balutan Poya Kelapa. Kenikmatan Sate Klopo khas Madura ini merupakan kombinasi ciamik dari kegurihan Sate Daging Sapi berbalut poya kelapa dengan siraman saus kacang yang manis. Untuk membuat sensasi perpaduan rasa yang mantap, ada beberapa tahapan pengolahan sate, mulai dari pembuatan poya kelapa, pengolahan daging, hingga peracikan bumbu siramnya.

Untuk membuat poya kelapa tidaklah susah, parutan kelapa disangrai bersama bumbu ketumbar, jinten dan bawang putih. Hmmm… sudah terbayang gurihnya rasa dan aroma yang tercipta. Setelah itu, daging sapi yang sudah dipotong dadu diurap dengan olahan poya kelapa yang nikmat hingga tertutup merata. Barulah daging-daging tersebut ditusukkan pada tusukan sate. Untuk satu tusuk sate, terdapat empat potong daging sapi yang rasanya dipastikan nendang puoll… Saat dibakar pun, kepulan asap menebarkan aroma harum dari Sate Klopo terus menggoda penciuman, dan pastinya membuat perut siapapun tak sabar mencecap kenikmatannya.

Bumbu kacang yang khas terbuat dari racikan kacang tanah, bawang putih, kunyit, jahe, dan garam dihaluskan. Kemudian bumbu halus tersebut dimasak bersama air dan diaduk hingga mengental. Rahasia rasa manis dan gurih  yang tersajikan dalam bumbu kacang tersebut, terletak pada penggunaan kacang tanah Tuban yang memiliki citarasa manis bercampur gurih. Supaya rasanya lebih  pas, bumbu kacang tersebut diberi campuran irisan bawang merah, kecap manis, dan cabai rawit merah, wah dijamin rasanya bakal membuat Anda nambah lagi dan lagi. Apalalagi jika sudah bercampur dengan Sate Klopo-nya, hmmm… yummy…

Menyeruput Mantapnya Wedang Cor Racikan Aning Karindra Jember

Halaman: 
Penulis : Hasballah