logo


'Si Hantu' yang Mengguncang Jagad Pertanian, Apa Sih?

Hantu ini dijual dalam beberapa jenis

6 Oktober 2015 12:31 WIB

Dok. Pupukjimmyhantu
Dok. Pupukjimmyhantu

BOGOR, JITUNEWS.COM- Dalam dunia pertanian, pupuk tak akan pernah bisa dilupakan. Pasalnya, pupuk merupakan asupan nutrisi untuk segala tanaman, tak terkecuali tanaman pangan, seperti padi, jagung, tanaman sayur, hingga aneka jenis tanaman buah. Jika tanaman pangan diberikan pupuk secara teratur dan sesuai takaran, tentunya produktivitas tanaman tersebut bakal meningkat. Dan salah satu pupuk yang mampu mengguncang jagad pertanian bernama Hantu (Hormon Tanaman Unggul).   

Dikutip dari agroplus, pupuk Hantu diproduksi oleh seorang petani asal Ciapus, Bogor, Jawa Barat bernama Jimmy. Pria bernama asli Sujimin yang kemudian akrab disapa Jimmy Hantu, menciptakan hormon yang berguna sebagai pupuk atau obat bagi tumbuhan agar lebih cepat tumbuh dan menjadi besar. Dengan menyemprotkan hormon tersebut, semua jenis tanaman akan tumbuh secara cepat dengan daun lebar serta batang yang kokoh, sehingga buahnya pun ukurannya jadi lebih besar.

Bahan pupuk cair ini terdiri dari campuran daun sirih merah dan tanaman lain, serta madu, lalu dicampur dengan tanaman rempah lain. Setelah dicampur dengan proses tertentu, jadilah hormon pertumbuhan tanaman. Aplikasi hormon ini ke tanaman sangat mudah, untuk tanaman buah cukup disemprot bagian batangnya. Hormon ini juga bisa untuk tanaman padi, kedelai, termasuk tebu pun bagus.


Ganjar Pranowo Akan Coba Aplikasi Nelayan Pintar

Penggunaannya, hormon dicampur air apa saja, asal disaring agar terhindar dari kotoran. Kemudian dikocok dan tinggal disemprotkan. Selain untuk tanaman, hormon ini juga berfungsi untuk hewan ternak dan ikan. Bahkan, dikatakan Mustafa Kamal Pasha, distributor pupuk Hantu di Sumatera Utara, pihaknya telah memperkenalkan produk ini ke petani dan peternak di berbagai daerah, dan sambutannya positif.

“Di wilayah Kabupaten Asahan, kami mencobanya ke tanaman padi yang hasilnya bisa mencapai 11 ton/hektare dengan kandungan beras sampai 73 persen. Tanpa pupuk ini biasanya hanya sekira 60 persen. Sementara di Tapanuli Utara kami diajak untuk ikut dalam proyek penanaman jabon yang murni menggunakan teknologi organik,” kata Mustafa.

Pupuk Hantu dijual dalam beberapa jenis, diantaranya ZPT Hantu Multiguna Exclusive untuk mempercepat pertumbuhan daun jadi lebat, keras, padat, lebar, tebal, berisi, mengkilap. Muncul warna asli dan tidak mudah rontok. Juga mempercepat perkembangan batang, mempercepat keluarnya bunga, mempercepat putik bunga menjadi buah.

Mahasiswa IPB Ciptakan Robot untuk Bantu Pekerjaan Petani

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro