logo


Yuk Simak, Ini Langkah Jitu Penyerbukan Buatan Pada Sirsak!

Selang 105 hari dari penyerbukan, sirsak siap panen

6 Oktober 2015 11:35 WIB

Proses penyerbukan buatan pada sirsak.(Dok.lembahpinus)
Proses penyerbukan buatan pada sirsak.(Dok.lembahpinus)

JAKARTA, JITUNEWS.COM– Sirsak merupakan salah satu buah subtropis yang telah lama beradaptasi di Indonesia. Tanaman yang bernama latin Annona muricata L. ini termasuk buah yang banyak digemari masayarakat. 

Agribisnis sirsak masa mendatang menghendaki hasil panen yang dengan mutu yang baik, seperti bentuk buah lurus (simetris) dan berukuran besar (lebih dari 1,5 kg). Demikian juga untuk mengisi pasaran domestik maupun regional memerlukan kualitas buah yang baik dan berkesinambungan. Untuk memperoleh kualitas (bentuk dan ukuran) buah sirsak yang baik dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan melakukan penyerbukan buatan.

Keberhasilan penyerbukan buatan ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain harus diketahui saat yang tepat bunga sirsak untuk diserbuki, keterampilan pelaku penyerbukan dan waktu penyerbukan yang tepat pula.

Lantas, bagaimana langkah penyerbukan buatan sirsak tersebut? Yuk simak uraiannya di bawah ini!

Bahan :

  • Bunga dewasa tanaman sirsak


Alat :

  • Kuas kecil, yang biasa untuk melukis
  • Gelas kecil / botol bekas pembungkus film


Teknik Pelaksanaan Penyerbukan :


Jurus Jitu Menanam Cabai dalam Polybag

Sebelum pada pengambilan serbuk sari, harus diketahui beberapa hal sebagai berikut:

  • Ciri-ciri serbuk sari masak ditandai dengan gugurnya kelopak dan mahkota bunga, sudah terlihat tangkai serbuk sari mekar, dan berwarna kuning.
  • Waktu pengambilan pagi hari apabila serbuk sari kering (tidak kena hujan). Apabila terlambat mengambil, serbuk sari akan rontok.
  • Cara pengambilan dengan meletakkan botol film  di bawah bunga yang telah rontok kelopaknya, selanjutnya botol digoyang-goyangkan maka tangkai sari beserta serbuknya akan masuk ke dalam botol, kemudian botol ditutup.


Pada saat bunga betina sudah cukup masak dan ketika kelopak bunga dibuka akan terlihat kepala putik yang merupakan bagian menonjol seperti mangkok terbalik, maka segera dilakukan penyerbukan sebagai berikut :

  1. Ambil serbuk sari dalam wadah menggunakan kuas kecil.
  2. Buka kelopak dan mahkota bunga betina. Upayakan agar keduanta tidak patah atau rusak. Putik masak berciri agak basah saat diraba.
  3. Oleskan kuas berisi serbuk sari ke kepala putik secara merata. Usahakan satu olesan saja untuk menghindari rusaknya kepala putik. Lepas jari tangan sehingga kelopak dan mahkot menutup kembali.
  4. Tanda penyerbukan berhasil jika bagian yang dioles berwarna cokelat tua. Selang 105 hari dari penyerbukan, sirsak siap panen. Cirinya, warna buah hijau muda, duri merenggang dan lebih lunak, serta buah lebih empuk.


Bagaimana, Anda tertarik mencobanya?

(Sumber : balitbu.litbang.pertanian.go.id)

Cek! Ini Jurus Jitu Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Halaman: 
Penulis : Riana