logo


Mengintip Kunci Sukses Pembibitan Sirsak Ratu Ala Deni Hadian

Dalam merawat bibit sirsak ratu, yang harus diperhatikan adalah pemupukan dan penyiraman

6 Oktober 2015 11:03 WIB

Sirsak Ratu. (Ist)
Sirsak Ratu. (Ist)

BOGOR, JITUNEWS.COM - Sirsak Ratu alias Anona muricata Linn adalah salah satu varietas sirsak yang lebih unggul dibandingkan  sirsak biasa/lokal. Ia memiliki rasa lebih manis serta memiliki bentuk buah yang lebih besar.Tak hanya rasa buahnya saja yang manis, usaha pembibitan buah sirsak ratu juga menguntungkan.

Salah satu pembibit sirsak ratu ini adalah Deni Hadian. Awalnya Deni memulai usaha pembibitan tanaman buah sejak tiga tahun lalu tepatnya pertengahan tahun 2009.Saat itu ia mengeluarkan modal sekitar Rp 10 juta.

Untuk bibitnya, awalnya Deni membeli benih sirsak ratu sekitar 2-3 kg dari temannya di Bogor seharga Rp 50 ribu per kg yang kemudian ia kembangkan lebih lanjut. Deni memperbanyak bibit tanaman buah di kebun yang berada di Jl. Arimbi V Perum Indraprasta Warung Jambu Bogor seluas 1.000 m2. Selanjutnya, ia bekerja sama mendirikan Sentra Tani dengan temannya bernama Luluk Bahrul Falah yang kini tengah memegang usaha yang sama di daerah lain di Rancamaya, Bogor.

“Pertimbangan sayamenjalankan usaha pembibitan tanaman buah ini karena tidak perlu lahan yang luas, lebih efisien dan keuntungan maksimal. Hal lain yang mendorong saya untuk melakukan usaha pembibitan buah adalah saya sering melihat para petani yang mampu memproduksi banyak bibit tetapi tidak mampu menjualnya, karenanya saya tertantang untuk menemukan cara memasarkan bibit dengan baik,” ungkap Deni.
 
Menurut Deni, sirsak ratu merupakan tanaman yang mudah diBudidaya dan tidak memerlukan perhatian khusus. Tanah yang ideal untuk tanaman sirsak sebaiknya tanah berpasir dan berkapur dengan kandungan bahan organik yang tinggi.

Ini Penyebab Sayuran Organik Berbentuk ‘Tak Sempurna’

Halaman: 
Penulis : Riana