logo


Media Sosial Diklaim Bukan Salah Satu Ancaman Kesetiaan, Kenapa?

Dengan atau tanpa teknologi, sebenarnya kita tak pernah berhenti memikirkan selingkuh, putus dan cerai

4 Oktober 2015 13:23 WIB

Ilustrasi.(dok.betanews)
Ilustrasi.(dok.betanews)

JITUNEWS.COM - Tahun lalu, sebuah penelitian melaporkan bahwa WhatsApp terbukti menjadi pemicu ketidaksetiaan yang berujung pada perceraian sekitar empat puluh persen di Italia. Dan hingga kini, media sosial kerap dijadikan sebagai sebuah "dosa" besar, karena menjadi tempat affair atau perselingkuhan dibanding dengan filosofi-nya.

Sebuah penelitian terbaru, yang diterbitkan dalam jurnal Cyberpsychology, Behaviour, and Social Networking, media sosial, misalnya Facebook atau Twitter, mengatakan sebaliknya. Media sosial (Facebook dan Twitter) bukanlah sebuah ancaman seperti yang Anda bayangkan.

Seperti dilansir dari Independent, tim peneliti Universitas Indiana menyelidiki peranan Facebook terhadap orang-orang yang berpikir untuk berhubungan dengan dengan orang lain selain pasangan mereka. Sebanyak 371 mahasiswa belum menikah yang memiliki 'hubungan berkomitmen' diminta mengisi survei.

Survei ini untuk menentukan berapa banyak orang melihat profil Facebook seseorang yang disukai, lalu dapat memengaruhi hubungan mereka dengan pasangannya.

Para peneliti menemukan, kendati Facebook bisa menjadi pendorong seseorang mencari alternatif pasangan, seseorang yang kita simpan dalam ingatan, misalnya percintaan di kantor atau barista yang memberikan Anda kopi gratis setiap minggu, adalah ancaman terbesar untuk komitmen bersama pasangan Anda.

Bahkan, memikirkan seseorang yang potensial ke arah romantis cukup bisa menurunkan kepuasan hubungan dengan seseorang.

“Jauh sebelum teknologi muncul, kita berselingkuh, putus, dan bercerai karena kita menemukan orang lain yang bisa menjadi alternatif pasangan kita,” kata para peneliti.

Lebih lanjut dikatakan, dengan atau tanpa teknologi, sebenarnya kita tak pernah berhenti melakukannya. "Menggunakan pikiran kita untuk menyimpan informasi tentang mitra potensial yang bisa menimbulkan ancaman nyata untuk hubungan romantis kita, pastinya," ungkap para peneliti.

Jadi, ketika penelitian serupa menyarankan Anda untuk menghapus seseorang di Facebook agar hubungan dengan pasangan membaik, tetap hal tersebut tidak menurunkan sikap tidak setia seseorang. Mau bukti? Silahkan Anda yang memikirkan kembali.

|berbagai sumber|Independent|

Cowok Wajib Tahu! Inilah Pertanda Cewek Diam-diam Naksir Kamu

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya