logo


Ini Dia Manfaat Mandi Malam Bagi Burung Kicauan

Burung kicauan wajib hukumnya untuk dimandikan, baik itu dilakukan pada pagi ataupun sore hari.

4 Oktober 2015 12:23 WIB

Ilustrasi.(Dok.stevecreek)
Ilustrasi.(Dok.stevecreek)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Mandi malam merupakan bentuk perawatan yang tidak bisa diabaikan oleh pecinta burung, terutama untuk menjaga kesegaran dan kebersihan si burung itu sendiri.

Burung kicauan wajib hukumnya untuk dimandikan, baik itu dilakukan pada pagi ataupun sore hari. Namun disamping itu, terdapat salah satu bentuk mandi yang dilakukan di luar kebiasaan, yaitu mandi malam.

Terdapat beberapa manfaat saat memandikan burung kicauan pada malam hari. Kebiasaan ini memang salah satu bentuk perawatan di luar kebiasaan yang normal, hal ini umumnya dikenal sebagai terapi. Manfaat yang dihasilkan dari terapi ini pun berbagai macam, diantaranya sebagai berikut:


Melihat Kondisi Burung Dengan Mengamati Bentuk Kotoran

- Dapat meningkatkan mental burung

- Membantu dalam proses penjinakkan

- Mengatasi dan mengurangi kondisi over birahi

- Merangsang burung agar lebih rajin berkicau

Mandi malam bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu, namun pada umumnya dilakukan antara pukul 19.30 sampai dengan pukul 20.30. Selain dari jam tersebut, biarkan burung peliharaan istirahat untuk menjaga kondisinya.

Setelah dimandikan, kemudian burung dianginkan untuk mengeringkan bulu yang masih basah. Pada saat itulah burung diberikan pakan tambahan atau extra fooding seperti jangkrik atau kroto sebanyak satu sendok teh. Setelah itu, kerodong sangkar burung dan biarkan beristirahat hingga pagi hari.

Kisah Tragis Kepunahan Parkit Carolina

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Deni Muhtarudin