logo


Ini Kunci Sukses Budidaya Srikaya Jumbo Ala Dedy Harianto

Dari satu pohon srikaya jumbo bisa panen sekitar 40 buah dengan total berat 20-40 kg

2 Oktober 2015 12:51 WIB

Istimewa
Istimewa

BOGOR, JITUNEWS.COM - Dari sekadar hobi mengkoleksi tanaman buah, menginspirasi Dedy Harianto memBudidaya srikaya berukuran jumbo. Di atas lahan seluas 9.000 meter persegi, ia menanam 280 batang bibit buah yang berasal dari Australia tersebut.

“Saat itu saya beli 10 bibit srikaya jumbo asal Bangkok dan Australia dari teman saya yang juga pembibit tanaman buah dengan tinggi 70 cm,” kata Dedy.

Bibit tersebut ditanam di kebun miliknya yang berada di Ciapus, Bogor, Jawa Barat. Setelah tanaman berbuah hampir satu tahun dari masa tanam, Dedy mulai melakukan perbanyakan bibit dari sepuluh pohon Srikaya jumbo tersebut dengan cara okulasi teknik sambung susu.

Menurut Dedy, srikaya jumbo dapat ditanam di mana saja baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Cara menanamnya pun tak perlu repot. Bibit yang telah berumur 1 bulan dan minimal tinggi 30 cm hasil perbanyakan sambung susuan, dimasukkan dalam lubang tanam yang telah diberi kapur pertanian 6-8 kg dan kompos 25-30 kg. Setelah itu tutup bibit dengan tanah dan lakukan penyiraman.

Selama masa pemeliharaan tanaman pun hanya perlu disiram jika tanaman terlihat kering, atau sekitar satu kali dalam seminggu. Sedangkan untuk perawatan diberikan pupuk cair organik curah non merek sebanyak 200 cc yang dilarutkan dalam 2 liter air, dan juga diberi pupuk kompos (campuran dedaunan, sampah organik dan kotoran sapi).

Sedangkan untuk mencegah serangan hama kutu putih, Dedy menyemprotkan pestisida nabati yang dibuatnya sendiri. Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pupuk nabati tersebut antara lain  jahe, lengkuas, cengkeh, bawang merah dan putih, cabe rawit, tembakau dan buah maja yang dihaluskan lalu campur dengan air dengan perbandingan 1:10.

“Saya buat pestisida organik untuk menghemat biaya,” beber Dedy.

Mengingat srikaya jumbo ini memiliki pertumbuhan yang cepat, maka kata Dedy, pohon perlu sering dipangkas ranting dan batangnya agar tanaman tidak terlalu tinggi, dan setiap kali pemangkasan batang atau ranting akan keluar tunas baru sehingga tanaman lebih rindang dan pendek.

“Jika dibiarkan pohon Srikaya jumbo bisa mencapai 3 meter. Pemangkasan ini juga memacu pertumbuhan tunas baru dan pembungaan. Selain itu tanaman akan tumbuh ke samping,” tambah Dedy.

Meski srikaya jumbo bisa berbuah hingga ukuran 800 gram, namun karena untuk keseragaman penjualan dan atas dasar permintaan supermarket dan toko buah, maka Dedy sudah memetik srikaya jumbo pada ukuran 400-600 gram. 

Menurut Dedy, dari satu pohon srikaya jumbo bisa panen sekitar 40 buah dengan total berat 20-40 kg. Meski srikaya jumbo termasuk tanaman yang dapat berbuah sepanjang tahun, namun srikaya jumbo akan berbuah lebih banyak pada bulan April hingga Oktober. Jika di rata-rata sekitar 2-4 buah dari satu pohon atau sekitar 400-500 kg dipanen tiap bulannya. Yang menggembirakan, pohon srikaya jumbo akan produktif hingga umur 20 tahun.

Bagaimana, Anda tertarik memBudidayakan srikaya jumbo juga?

Ini Penyebab Sayuran Organik Berbentuk ‘Tak Sempurna’

Halaman: 
Penulis : Riana