logo


Cara Tepat Menanam Euphorbia Agar Rajin Berbunga

Euphorbia tidak menyukai media yang lembab dan basah

28 September 2015 13:54 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM Euphorbia merupakan tanaman cantik dengan aneka daunnya yang berwarna mencolok seperti warna kuning, merah, ungu, coklat, atau hijau. Bentuk bunganya yang terkenal unik, menjadi ciri khas yang membuat tanaman ini sering kali dijadikan tanaman hias di halaman rumah.

Namun, ketika sudah berusaha menanam tanaman ini di rumah, sering kali Euphorbia justru tidak dapat tumbuh subur, layu, ukuran bunganya tumbuh tidak normal bahkan memiliki warna yang pudar. Bisa jadi, semua hal itu terjadi saat proses awal penanamannya Anda melakukan kesalahan.

Menurut Endah Mahalayati, pemilik nursery Florinda yang berlokasi di Ragunan, Jakarta Selatan saat dihubungi oleh JITUNEWS via telephone, Senin (28/9). Media tanam merupakan faktor penting bagi pertumbuhan euphorbia.

“Idealnya media tanam untuk euphorbia adalah memiliki unsur hara dan media tanamnya harus disesuaikan dengan lingkungan serta kebutuhan tanaman ini,” ujar Endah.

Ia pun melanjutkan bahwa euphorbia tidak menyukai media yang lembab dan basah. Persyaratan media tanam untuk tanaman ini pun ada empat jenis, yaitu bersifat porous,mampu menyimpan unsur hara, terbebas dari hama penyakit dan mampu ditembus oleh akar untuk nutrisi maupun penyiramannya.

Endah pun mengungkapkan, untuk memenuhi persyaratan tadi campuran yang tepat untuk media tanamnya adalah sekam, pasir dan cocopeat dengan perbandinganya adalah 3:1:1.

Cocopeat merupakan unsur penting sebagai media tanam, karena bersifat kokoh dan memiliki fungsi yang baik untuk menyimpan hara.

“Selain bisa menyimpan air atau hara, cocopeat juga tidak akan membuat air tergenang di pot,” kata Endah mengakhiri perbincangan.

Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah