logo


Tips Jitu Perbanyak Anakan Palem Wregu dengan Teknik Generatif

Untuk mencapai ketinggian sekitar 1 meter, diperlukan waktu hampir tiga tahun setelah mulai berkecambah

25 September 2015 09:40 WIB


Who isn’t familiar with palm? There are many kinds of palm, you know. One of them is wregu palm. This plant has a beautiful and elegant look making it suitable to be used as indoor plants. Not only that, it is fairly easy to be taken care of. This plant is often exported to several countries.

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Siapa yang tidak mengenal  tanaman palem? Palem ternyata banyak jenisnya lho. Salah satunya adalah palem wregu. Tanaman hias ini memiliki tampilan yang cantik dan anggun sehingga cocok untuk dijadikan tanaman hias indoor. Tak hanya itu saja, cara perawatannya pun terbilang mudah. Tanaman ini pun kerap di ekspor ke beberapa negara.

Palem wregu biasa diperbanyak melalui  vegetatif dan juga generatif. Namun dikarenakan tanaman ini sulit untuk berbunga, maka biasanya banyak diperbanyak melalui cara vegetatif yakni memisahkan anakan dari indukannya. Tanaman ini pun dapat tumbuh diketinggian 50 hingga 500 mdpl, dengan tingkat keasaman tanahnya berkisar pH 5-7. Kelembaban udara yang baik adalah 50-80 %, dengan suhu siang harinya 22 sampai 33 derajat celcius, dengan intensitas cahayanya 15-30 %.

Salah seorang penjual sekaligus pemilik nursery Kusuma Flora Cipta, Suhandono kepada JITUNEWS, Jumat (25/9) menjelaskan tentang cara penanaman palem wregu yang belum banyak diketahui oleh para pemula yang baru memiliki hobi menanam tanaman hias. Menurutnya perbanyakan melalui biji membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga merepotkan. “Biji saja baru bisa berkecambah setelah disemai selama tiga bulan,” tuturnya

Lanjutnya ia pun mengungkapkan bahwa pertumbuhan biji juga tergolong lambat. Untuk mencapai ketinggian sekitar 1 meter saja, diperlukan waktu hampir tiga tahun setelah mulai berkecambah. Untuk itu, ia menyarankan perbanyakan dengan cara generatif saja.

Pertama yang harus dilakukan adalah merendam benih ke dalam larutan fungida dan zat pengatur tumbuh selama semalaman, setelahnya benih harus dikeringkan. Media tanam yang disiapkan merupakan campuran tanah, pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.

“Sesudah dipersiapkan media tanamnya, benih sudah bisa ditanam dan ditempatkan ke dalam ruangan yang gelap sekitar 4 hingga 8 minggulah, setelah itu dipindahkan ke tempat yang terlindungi sampai berkecambah dan memiliki dua helai daun,” jelasnya panjang lebar.

Agar pertumbuhannya baik, ia pun menyarankan agar tanaman hias palem wregu harus diberi pupuk NPK, dengan dosis yang sesuai takaran, yakni sekitar setengan sendok teh pada saat tanaman telah berumur 6 bulan.

Tips Jitu Menanam dan Merawat Tanaman Aster

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah