logo


Tips Jitu Merawat Anggrek Dendrobium Agar Tumbuh Indah

Anggrek dendrobium menyukai ruangan dengan aliran udara yang sangat bagus

23 September 2015 00:00 WIB

Anggrek Dendrobium.(titiorchids)
Anggrek Dendrobium.(titiorchids)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Anggrek merupakan tanaman hias yang memiliki beribu pesona. Tak heran jika tanaman cantik epifit ini mendapat tempat sebagai puspa nasional. Berbicara tentang anggrek, tak bisa dipisahkan dengan sosok pria paruh baya ini. Yap, sosok yang dimaksud adalah H.Muchyar. ia merupakan pekebun sekaligus penyilang anggrek yang sudah malang melintang sejak era tahun 1970-an.

Lelaki asli Betawi ini mewarisi kegemarannya terhadap anggrek dari ayah serta kakaknya. Ia bercerita pada tahun 1926, ketika Jakarta masih berupa ladang persawahan. Leluhurnya sudah aktif berjualan dan terjun dalam perdagangan anggota family Orchidaceae. Saat itu Budidaya serta perkembangan tanaman anggrek hanya dilakukan secara sederhana. Malahan saat ia menginjak kelas 5 di Sekolah Rakyat, Muchyar kecil sudah diberi tanggung jawab untuk mengelola 1000 m² lahan anggrek.

“ Saat itu saya mendapat tanggung jawab untuk memelihara dan memanen anggrek yang ada disana” kenangnya. Kendati demikian, untuk urusan penjualan  tetap dilimpahkan ke kakaknya yang paling besar untuk mengolahnya.

Beranjak dewasa, ia sempat beralih ke bisnis furniture. Namun, tak lama kemudian ia kembali pindah untuk menekuni anggrek. Pada tahun 1973 bersama dengan 20 pekebun anggrek lainnya, ia menempati kavling Taman Anggrek di Slipi. Disinilah ia mengenal seluk beluk tentang persilangan anggrek. Salah satunya tekun dalam menyilang jenis anggrek dendrobium. Anggrek jenis ini merupakan anggrek yang cukup mudah dalam perawatannya, serta rajin dalam berbunga. Jenis anggrek ini, biasanya bisa berbunga hingga lebih dari dua tangkai dalam sekali berbunga.

Dihubungi via pesawat telephone oleh JITUNEWS, Rabu (23/9) H.Muchyar memberi tips, agar anggrek dendrobium tumbuh berbunga dengan indah. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya.

1. kebutuhan cahaya matahari. Anggrek jenis ini membutuhkan intensitas cahaya matahari yang lebih banyak daripada anggrek jenis lainnya, yakni sekitar 50-60%, sedangkan suhu ideal berkisar 28 hingga 32 derajat Celsius dengan kelembaban udara yakni 50%.

2. Ruangan udara. Anggrek dendrobium menyukai ruangan dengan aliran udara yang sangat bagus dan harus diletakkan kedalam ruangan tertutup. Untuk menjaga kelembaban udara, maka didalam ruangan tersebut harus tersedia kipas angin.

3. Kebutuhan air. Seperti pada tanaman lain, anggrek pun butuh air untuk menjaganya agar tetap tumbuh subur dan lembab. Waktu terbaik untuk melakukan penyiraman pada anggrek ini adalah pukul 8.00 Wib dan 16.00 Wib, sedangkan jika sedang musim penghujan baiknya hanya menyiram sekali saja pada jam 15.00 Wib. Menurut H, Muchyar untuk mengetahui apakah anggrek dendrobium sudah cukup air atau tidak bisa diketahui dari permukaan batangnya.

“ kalau batang dendrobium terlihat kokoh dan padat, berarti tanaman sudah cukup air. Namun, jika terlihat mengerut menandakan tanaman kekurangan air,”tutupnya.

10 Tanaman Hias Langka di Dunia

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah