logo


Mau Menang Pilkada DKI, Ahok Harus Perbaiki Gaya Bicaranya

Ruhut mengakui bahwa Ahok memiliki kelemahan tentang diplomasi gaya kepemimpinannya

23 September 2015 00:00 WIB

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok). (Dok.indopolitika)
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok). (Dok.indopolitika)

JAKARTA, JITUNEWS.COMPolitisi asal Partai Demokrat Ruhut Sitompul sangat menjagokan Basuki Tjahja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI pada Pilkada 2017 mendatang. Pasalnya calon independen itu telah mengantongi jumlah pemilih tetap dengan jumlah besar.

"Mereka bakal berikan suara dukungan yang banyak untuk Ahok pada Pilgub nanti. Meski independen, Ahok memiliki jumlah pemikih tetap yang besar," kata Ruhut di Gedung DPR RI, Rabu (23/9).

Meski memiliki banyak dukungan, Ruhut mengakui bahwa Ahok memiliki kelemahan tentang diplomasi gaya kepemimpinannya. Sikap tegas Ahok, sambung Ruhut, acap kali dinilai sebagai pribadi yang tidak beretika.

Seperti diketahui, mantan anak buah Jokowi itu kerap kali berkata kasar atau bahkan menyinggung di setiap penampilannya di media massa.

"Pak Ahok harus memperbaiki permasalahan gaya diplomasi kepemimpinannya. Jadi publik bisa betul-betul melihat itu sebagai sikap tegas bukan sebaliknya," jelas Ruhut.

Meski demikian, Ruhut percaya bahwa permasalahan gaya kepemimpinan Ahok tertutupi oleh kinerjanya selama memimpin Jakarta.

"Permasalahannya cuma satu. Diplomasinya terlalu kasar. Tapi kinerja jangan ditanya," lengkap Ruhut memuji Ahok yang telah dianggapnya sebagai sahabat.

Dukungannya terhadap Ahok diakui Ruhut hanya sebatas sikap pribadinya. Sejauh ini Partai Demokrat masih belum menentukan sikap terkait calon mana yang bakal didukung dalam Pilgub DKI Jakarta 2017 mendatang.

Selain nama Sandiaga Uno dan Adhyaksa Dault mendeklarasikan bakal nyagub, rumornya nama Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga digadang-gadang bakal berebut kursi DKI satu.

"Ini hanya sikap pribadi saya, kalau partai belum menentukan," tutupnya.

Demokrat Gencar Kritik Pemerintah, Ruhut PDIP: Tong Kosong Nyaring Bunyinya

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah, Vicky Anggriawan