logo


Resep Cara Membuat Pizza ala Torino Osteria Resto dengan Citarasa Khas Italia

Selain cara membuatnya tidaklah sulit, bahan-bahan untuk membuat Pizza pun terbilang cukup mudah dijumpai dipa

21 September 2015 12:16 WIB

Pizza ala Torino Osteria Resto. (Jitunews/Latiko A.D)
Pizza ala Torino Osteria Resto. (Jitunews/Latiko A.D)

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Siapa yang tidak mengenal dengan cemilan enak yang berasal dari negara yang memiliki ikon menara miring Pisa, Italia ini? Yup, Pizza. Bentuknya yang bundar dan pipih, serta ditaburi dengan aneka topping seperti potongan daging asap, paprika, hingga keju mozzarella, membuat pizza begitu digemari oleh kaum anak-anak sampai orang dewasa.

Di Indonesia sendiri, Pizza bisa dengan mudah Anda ditemui di kafe ataupun gerai yang tersebar di Mall-Mall. Makanan berbahan roti ini memang paling seru untuk disantap bersama teman atau pun keluarga. Jika Anda sedang sibuk, namun ingin menyantap cemilan ini di rumah, Anda bisa dengan mudah memesan via telpon untuk diantarkan langsung ke rumah. Eits, tapi membuat Pizza sendiri di rumah ternyata menarik dan seru lho. Anda tak hanya bisa mengkreasikan sendiri aneka topping di dalamnya, tetapi membuat Pizza bersama juga akan menambah suasana keakraban dan kehangatan  ditengah-tengah keluarga.

Selain cara membuatnya tidaklah sulit, bahan-bahan untuk membuat Pizza pun terbilang cukup mudah dijumpai dipasaran. Penasaran seperti apa? Berikut resep cara membuat Pizza ala Torino Osteria Resto yang memiliki citarasa otentik ala Italia. Selamat mencoba!

Bahan membuat roti Pizza:
1 kg tepung terigu protein berkualitas
500 ml air
10 gr ragi instant
15 gr gula
30 gr garam
100 ml minyak goreng

Cara membuat:
1. Terigu, gula pasir dan garam aduk rata. Masukkan air dan minyak, aduk rata and terakhir masukkan fermipam atau ragi instant. Uleni dengan tangan kurang lebiih 10 hingga 20 menit atau sampai adonan bisa mengembang kembali bila ditekan dengan jari dan permukaan adonan kelihatan halus. Pindahkan adonan ke dalam mangkok yang sudah diolesi minyak, tutup dengan clingwrap atau kain serbet bersih sampai ukurannya mengembang dua kali lipat

2. Setelah mengembang dua kali lipat, perlahan-lahan tekan adonannya supaya udaranya keluar. Bulatkan adonan seperti bola dan tutup kembali dengan clingwrap atau kain serbet. Diamkan selama 1 jam.

3. Setelah 1 jam, bagi adonan menjadi 3 bagian dan bulatkan. Keluarkan adonan satu persatu and giling adonan tersebut menjadi pizza base dengan ketinggian sesuai selera.

Topping Pizza :
1. Untuk isi, taruh bahan-bahan di bawah ini secara berurutan supaya isi pizza melekat dan tidak hancur. Tidak perlu disisakan jarak sedikit di ujungnya untuk mebuat pizza crust karena ujungnya akan mengembang dengan sendirinya.
2. Taburi dengan Light Mozarella cheese atau Mozarella cheese sampai dasar pizza tertutup namun jangan sampai terlalu tebal.

3. Sayur-sayuran seperti irisan bawang bombai, capsicum, jagung manis, tomat, cabe, etc. Isi pizza tidak harus seperti yang dijual di toko. Isinya sesuai selera

4. Daging. Anda bisa menaruh potongan daging sapi, ayam ataupun sosis

5. Saus. Boleh saus tomat, barbeque sauce, chilli sauce.

6. Tabur sedikit garam dan lada hitam di atas bahan-bahan yang sudah diisi untuk menambah rasa.

7. Tabur lagi Mozarella cheese di atas bahan-bahan tersebut sampai tertutup rata. Tapi jangan terlalu tebal.

8. Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 220C. Kalau bisa, lebih bagus pakai pizza stone (panggangan pizza yang terbuat dari batu atau terracota). Tapi kalau tidak ada, loyang aluminium juga boleh. Yang penting panasnya bisa merata ke semua bagian pizza ini. Panggang selama 10-18 menit (sesuai ketebalan pizza base). Setelah matang langsung dipotong menjadi delapan bagian dan hidangkan panas-panas.

Ide Masakan Rumahan: Masakan Mudah untuk Buka Puasa, Resep Ayam Kemangi Lombok Ijo

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah