logo


Tips Jitu Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Berbau Prengus dari Chef Hendro

Sebaiknya setelah dicuci bersih daging dikeringkan terlebih dahulu kemudian baru dipotong-potong

18 September 2015 13:51 WIB


Muslims around the world will soon be welcoming Idul Adha (Eid al-Adha) which comes on 24th September. Similar to Idul Fitri (Eid al-Fitr), Idul Adha or Haj Eid is also welcomed with excitement and joy.

JAKARTA, JITUNEWS.COM Umat muslim di seluruh penjuru dunia sebentar lagi akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 24 September mendatang. Seperti halnya hari raya Idul Fitri, Idul Adha atau Lebaran Haji juga disambut dengan kemeriahan dan penuh sukacita.

Beragam hidangan lezat nan menggugah selera biasanya akan dihidangkan. Seperti yang diungkapkan oleh Chef Hendro Soejadi, selaku Coorporate Chef Horrison Hotel, saat dihubungi via sambungan telephon oleh JITUNEWS, Jumat (18/9), ada beberapa makanan khas Nusantara yang berbahan baku daging-dagingan kerap disuguhkan saat hari raya Idul Adha nanti, salah satunya Tongseng.

Meskipun banyak orang yang berfikir Tongseng bisa menyebabkan kolesterol, karena biasa diolah dari daging kambing, namun citarasanya yang lezat tetap menjadi pilihan menu yang diminati, kata Chef Hendro.

Ia pun melanjutkan bahwa masakan nusantara memang kaya akan bumbu rempah dan teknik pengolahannya yang agak sedikit rumit dibandingkan mengolah masakan western berimpact pada tekstur masakan tadi.

Kita tahu bahwa pengolahan daging kambing yang salah akan berimbas pada rasa masakan, maka memasak menu tradisional tidak boleh sembarangan, karena harus memperhatikan suhu dan panas apinya, papar pria yang pernah memiliki pengalaman selama 3 tahun sebagai Chef De Partie Novotel Sydney, Australia ini panjang lebar.

Jika ingin Tongseng Anda tidak bau prengus atau bau aroma kambing yang menyengat, Chef Hendro memiliki saran dan tips jitu untuk Anda yang ingin menghadirkan Tongseng kambing saat perayaan Idul Adha nanti.

Saya menyarankan kalau ingin mengolah daging kambing, sebaiknya setelah dicuci bersih daging dikeringkan terlebih dahulu kemudian baru dipotong-potong dan dicampurkan dengan kunyit, jahe, lengkuas, sereh dan bawang putih yang telah ditumbuk halus, kata Chef Hendro.

Menurutnya pemakaian bumbu tadi selain menghilangkan bau prengus, juga menambah aroma dan citarasa pada daging kambing agar semakin lezat


Jangan Asal Pakai, Begini Cara Pilih Daging Sapi untuk Rendang: Lembut Namun Tidak Hancur

Hadir di Solo, Bella Pasta Sajikan Rasa Pasta Italia Mewah ala Kaki Lima

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah