logo


Mau Dapatkan Khasiat Jitu dari Teh Daun Sirsak? Ini Resepnya!

Secara umum, ada dua jenis ramuan obat yang terbuat dari daun ini

18 September 2015 13:31 WIB


Soursop leaves, some cultures in the world have already used the leaves of a fruit tree whose Latin name is Annona muricata L for traditional medicines for hundreds of years. The simplest way is by using the water of boiled leaves as tea.

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Daun sirsak, beberapa kebudayaan di dunia sudah memanfaatkan daun dari buah yang bernama latin Annona muricata L ini dalam pengobatan tradisional sejak ratusan tahun lalu. Yang paling sederhana adalah dengan cara memanfaatkan air rebusannya dalam bentuk teh. 

Masyarakat kepulauan Karibia dan Indian Amazon biasa menggunakan rebusan daun sirsak sebagai obat untuk membersihkan tubuh dari racun dan parasit berbahaya. Sedangkan masyarakat Haiti, Jamaika, Peru, dan India Barat, mereka percaya jika daun sirsak sangat ampuh untuk meredakan demam. Air rebusannya dikatakan dapat mendinginkan suhu tubuh dan mengobati peradangan selaput lendir.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat sendiri teh daun sirsak ini, perlu diketahui, secara umum ada dua jenis ramuan obat yang terbuat dari daun ini. Yaitu ramuan dari daun yang masih segar (baru dipetik) dan ramuan daun sirsak kering. Proses pengolahan daun kering dimulai dengan menjemur daun segar selama kurang lebih tiga hari (tergantung kondisi cuaca).

Sebaiknya memilih daun yang tidak terlalu tua, bersih, tidak cacat, dan tidak berlubang di sana-sini. Baik daun kering maupun daun segar keduanya sama-sama kaya akan manfaat dan khasiat luar biasa berkat kandungan mineral, enzim, dan vitamin di dalamnya.

Mengolah daun sirsak segar menjadi teh, caranya mudah. Bahannya, siapkan 3 - 5 lembar daun segar, 4 gelas air bersih, dan gula atau madu sebagai pemanis. Cara mengolahnya, rebus daun segar bersama 4 gelas air besih, gunakan api sedang. Kemudian tunggu beberapa saat sampai airnya tersisa 1 gelas saja. Setelah itu, xajikan dengan pemanis, minum sekaligus.

Perlu dicatat, sebaiknya Anda jangan mencampur ekstrak daun sirsak (cair atau pun padat) dengan jamu, obat-obatan, maupun ramuan herbal lain karena beresiko terjadi ketidakcocokan kimia.

Selamat mencoba ya!


Ikuti Kaidah 4T + 1W dalam Mengonsumsi Obat Herbal

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Halaman: 
Penulis : Riana