logo


10 Cara Jitu Mengatasi Bau Badan yang Tidak Sedap

Jika Anda sedang beraktivitas disarankan untuk membawa busana ganti

17 September 2015 12:17 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Masalah bau badan memang membuat Anda malu dan tidak percaya diri menjalani aktivitas. Dijelaskan oleh dr. I Made Wisnu, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, keringat bau terutama di daerah ketiak disebabkan kelenjar keringat berlebih yang bertemu dengan bakteri yang ada di ketiak. Bakteri ini timbul pada lipatan kulit yang lembab dan mudah berkeringat.

Berikut beberapa cara jitu untuk mengatasi masalah bau keringat yang bisa Anda lakukan sendiri:

1. Bersihkan keringat dengan sabun dan dibilas dengan air, kemudian keringkan dengan handuk jika ketiak Anda berkeringat dan timbul bau tidak sedap.

2. Jika Anda memiliki bulu ketiak, maka cukurlah bulu ketiak Anda karena bulu ketiak menyerap keringat yang menyebabkan lembab pada ketiak sehingga menimbulkan bakteri. Cukur bulu ketiak secara steril, yaitu bersihkan terlebih dahulu ketiak dengan alkohol atau antipespiran, lalu cukur dengan menggunakan alat cukur yang steril agar tidak terjadi infeksi. Setelah itu lap ketiak handuk kering agar lebih bersih.

3. Jika Anda sedang beraktivitas disarankan untuk membawa busana ganti, terutama  jika Anda mengalami keringat yang berlebih. Karena hal tersebut pun bisa memacu bau badan yang tidak sedap.

4. Jika tubuh Anda mudah berkeringat maka disarankan untuk mandi setiap hari 2-3 kali agar lebih bersih dan bakteri yang menimbulkan bau bisa hilang dari tubuh Anda

5. Perbanyak minum air dan buah-buahan yang mengandung antioksidan. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein dan lemak. Bakteri sangat suka pada keringat yang mengandung lemak. Banyak mengonsumsi cairan akan mengurangi kerja kelenjar keringat sehingga dapat meminimalkan terjadinya bau badan.

6. Lakukan diet yang sehat bagi Anda yang memiliki badan yang gemuk, karena biasanya orang gemuk lebih banyak menghasilkan kelenjar keringat dan akan mudah menimbulkan bau yang tidak sedap

7. Gunakan antipespiran karena dapat menyumbat kelenjar keringat sehingga bakteri tidak dapat berinteraksi atau gunakan sabun antibakteri yang juga dapat membunuh kuman.

8. Penggunaan deodoran tidak dapat membunuh kuman, deodoran hanya bersifat sementara karena hanya bisa menutupi atau menahan keringat. Pemakaian deodoran yang berlebih bisa menyebabkan alergi bagi Anda yang memiliki kulit sensitive. Deodoran juga bisa menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam. Karena itu, dianjurkan ke dokter agar terhindar dari infeksi kulit.

9. Jika Anda ingin menghilangkan kelenjar minyak yang berlebihan pada ketiak, bisa melakukan treatment seperti laser. Sebelumnya melakukan treatment ini sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

10. Jika bau badan bukan karena keringat yang berlebih sebaiknya periksakan ke dokter Anda. Mungkin saja karena penyakit yang ada di dalam tubuh seperti liver yang biasanya bau badannya berbau urin. Jika terjadi hal tersebut, maka penyakit liver Anda disembuhkan terlebih dahulu, maka bau badan Anda kembali normal. Eri

Waspada! Ternyata Keringat Dingin Bisa Jadi Tanda dari Penyakit Berbahaya

Halaman: 
Penulis : Hasballah