logo


Manny Noakes, Direktur Riset CSIRO : Pir Ampuh Sembuhkan Gejala Mabuk!

Jus buah pir juga terbukti mengurangi gejala umum seperti kehilangan memori dan mual

16 September 2015 17:32 WIB

Jus buah pir. (google)
Jus buah pir. (google)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Hayo siapa di sini yang suka buah pir? Ya, pir adalah buah yang segar karena tinggi kadar air, serta memiliki rasa yang manis dan lezat.

Selain lezat dan segar, buah pir juga mengandung dan nilai gizi yang tinggi. Beberapa manfaat buah pir bagi kesehatan termasuk kemampuannya membantu dalam menurunkan berat badan, meningkatkan pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, mengatur kadar cairan tubuh, mengurangi tekanan darah, meningkatkan kemampuan kognitif, mencegah kanker, penyembuhan luka dan perbaikan jaringan, mencegah kelahiran cacat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, meningkatkan metabolisme, meningkatkan sirkulasi darah, melindungi terhadap osteoporosis, serta bermanfaat bagi kesehatan, mata, dan rambut.

Selain manfaat di atas, ada satu lagi nih fakta manfaat buah pir untuk Anda. Penelitian ilmiah di Australia, Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CISRO), berhasil menemukan fakta bahwa jus buah pir secara signifikan mampu mengurangi gejala mabuk setelah mengonsumsi alkohol, lho!

Dalam penelitian ini, peserta diberikan 220 mililiter (sekitar satu cangkir) jus buah pir. Selain sukses menghilangkan sakit kepala keesokan harinya, jus buah pir juga terbukti mengurangi gejala umum seperti kehilangan memori, mual dan kepekaan terhadap cahaya.

Selain itu, hasil terbesar yang terlihat dalam uji coba adalah kemampuan buah ini untuk menaikkan tingkat konsentrasi peserta pada keesokan harinya.

Berdasar laporan yang dilansir laman Delish, para ilmuwan percaya bahwa pir mengandung enzim yang unik dan diperlukan untuk mempercepat metabolisme dan menghambat penyerapan alkohol. Buah pir segar, juga dikenal kemampuannya untuk mengurangi kadar asetaldehida dalam darah, yang dikenal sebagai pemicu munculnya gejala mabuk.

Manny Noakes, direktur riset di CSIRO, menjelaskan bahwa penurunan terlihat di tingkat asetaldehida darah.

“Secara keseluruhan tingkat keparahan mabuk, yang diukur dengan 14 item skala gejala mabuk, (bisa) berkurang secara signifikan dengan pir dibandingkan dengan minuman-minuman plasebo, dengan efek paling menonjol terlihat pada gejala paling spesifik, kesulitan berkonsentrasi. Saya harus membuat poin bahwa efek yang ditunjukkan jika Anda mengonsumsi buah pir sebelum mengonsumsi alkohol. Dan ketika Anda mabuk, yang Anda rasakan adalah sesuatu yang bagus,” jelas Noakes seperti dilansir metro.co.uk.

Tak hanya mengurangi gejala mabuk, mereka yang gemar mengonsumsi jus pir dengan jumlah optimum 220 ml sebelum mengonsumsi alkohol juga bagus untuk mengurangi sensitifitas terhadap cahaya dan suara.

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Halaman: 
Penulis : Riana