logo


REIKKA 2015, Walkot Depok: Peluang Usaha Ikan Hias Masih Menjanjikan

Produksi ikan hias di Kota Depok meraup pendapatan Rp 44 miliar per tahun

16 September 2015 15:45 WIB

Wakil Wali Kota Depok, Idris Abdul Shomad. (Dok. Depokraya)
Wakil Wali Kota Depok, Idris Abdul Shomad. (Dok. Depokraya)

DEPOK, JITUNEWS.COM - Usaha ikan hias saat ini masih memiliki prospek yang cerah untuk terus dikembangkan. Menurut Wakil Wali Kota Depok, Idris Abdul Shomad saat menghadiri pameran REIKKA 2015 di Balai Kota Depok mengatakan, produksi ikan hias yang dikembangkan disejumlah sentra wilayah Kota Depok mencapai 77 juta ekor per tahun dengan pendapatan mencapai Rp 44 miliar.

“Peluang usaha ikan hias masih menjanjikan dan akan terus berkembang,” katanya.

Hingga saat ini Pemkot Depok tengah menargetkan pangsa ekspor ikan hias terbesar berada di Depok dengan jumlah pemBudidaya saat ini mencapai 439 pengusaha.

Menurutnya, dari 77 juta ekor ikan hias tersebut, sebanyak 19 juta ekor dihasilkan oleh jenis ikan neon tetra. Sementara ikan hias yang dikembangkan antara lain neon tetra, arwana, kardinal banggai, red nose, dan ikan pelangi.

Selain pasar domestik, ikan hias Depok diekspor ke sejumlah negara di Eropa, Amerika, dan Asia. Adapun, sentra produksi ikan hias berada di wilayah Sawangan, Bojongsari dan Cicurug.

"Bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan kita tengah memberikan arahan pemasaran dan networking pada setiap pemBudidaya agar terus meningkatkan produksinya," pungkasnya.

KKP Klaim Realisasi Kinerja Pembangunan Perikanan Budidaya Triwulan I Tahun 2017 Berjalan Positif

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana