logo


Cek! Ini Syarat Hewan Kurban yang Sesuai Syariat Islam

Ketua MUI Kota Depok : Saat Ini Banyak Hewan yang Tidak Layak Dikurbankan

16 September 2015 13:21 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Syarat untuk menyembelih hewan kurban ialah tidak boleh cacat fisik, seperti buta ataupun pincang. Hewan kurban yang akan disembelih haruslah sehat secara fisik maupun kondisi tubuh yang baik atau tidak sakit.

"Hewan yang sudah dikebiri juga tidak boleh dipakai untuk kurban," ucap Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Kota Depok Tinte Rosmiati.

Definisi cacat hewan kurban menurut Distankan di antaranya pincang, buta, anggota tubuh tidak sempurna, jumlah testis hanya satu, posisi testis tidak simetris, patah/pecah tanduk, putus ekor, dan hewan yang sudah dikastrasi (dikebiri).

Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Depok, Dimyati Badruzaman menuturkan memang banyak hewan yang tidak layak dikurbankan. Untuk itu, masyarakat harus berhati-hati dalam memilih hewan kurban.

Soalnya, binatang yang tidak memenuhi syarat tidak sah untuk dijadikan hewan kurban. Seperti, kata dia, hewan yang cacat, sakit, ataupun usianya belum mencukupi.

Untuk hewan, ada masa yang disebut sudah powel, dimana kambing usianya satu tahun jalan ke dua tahun, sapi dua tahun jalan ke tiga tahun, unta harus berumur lima tahun, dan domba atau biri-biri berusia satu tahun atau bila sudah tanggal giginya pada usia enam bulan.

"Itu syarat usia hewan di Islam yang boleh dikurbankan," pungkasnya.

Trik Jitu Menanam Bunga Hias Dalam Pot

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana