logo


10 Perilaku Orangtua yang Membuat Anak Stres

Orangtua lebih banyak melarang daripada memberitahu apa yang dapat dilakukan oleh anak

16 September 2015 00:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tak ada orangtua yang ingin anaknya terluka atau tergores sedikitpun. Pasti sebagai orangtua ingin melihat anaknya bahagia, sehat, tumbuh menjadi anak yang memiliki kepribadian baik dan masa depan cerah. Berangkat dari hal ini, terkadang orangtua menjadi sangat cemas dan terlalu berlebihan dalam menerapkan pola asuh dan proses pembelajaran terhadap anak.

Biasanya orangtua menganggap cara mereka mendidik dan mengajarkan anak merupakan cara yang terbaik bagi anak-anak mereka. Anggapan orangtua lebih berpengalaman dan memiliki tanggung jawab penuh terhadap anak sangat berpengaruh terhadap cara mereka mendidik dan merespon perilaku anak. Tak menutup kemungkinan anak hanya diberikan ruang yang sempit untuk bertumbuh dan berkembang sesuai dengan diri mereka sendiri. Alhasil, anak pun menjadi stres.

Berikut diuraikan oleh Yuvita Fandy, M.Psi, psikolog anak dari FAME dan Sekolah Cita Mandiri Tangerang mengenai beberapa perilaku orangtua yang membuat anak menjadi stres, di antaranya:

Jangan Buru-buru Berpisah, Ketahui Dulu 5 Dampak Perceraian pada Anak

Halaman: 
Penulis : Hasballah