logo


Yuk, Sulap Limbah Mete Menjadi Pestisida Nabati!

Struktur asam anakardat jambu mete mampu menghambat pertumbuhan hifa cendawan/jamur

15 September 2015 16:47 WIB

Ilustrasi limbah mete. (Ist)
Ilustrasi limbah mete. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mete yang gurih karena tinggi kalori dan kaya serat itu sebenarnya adalah buah sejati jambu monyet atau jambu mete (Anacardium occidentale). Sedangkan buah yang mirip jambu itu sebenarnya adalah buah semu yang berasal dari tangkai yang membesar.

Kerabat jambu air itu bandel dan tangguh karena masih mampu berbuat lebat pada musim kemarau yang kering bahkan meskipun hidup didaerah yang tandus, gersang dan berkapur. Itulah sebabnya kenapa pohon jambu mete banyak dijumpai didaerah yang gersang dan kering.

Namun manfaat jambu mete ternyata bukan hanya untuk makanan saja, kulit mete yang biasanya hanya terbuang percuma bisa kita gunakan sebagai pestisida nabati karena mengandung asam anakardat. Struktur asam anakardat mirip dengan asam salisilat yang mampu menghambat pertumbuhan hifa cendawan/jamur.

Di India (negara utama pemasok kacang mete dunia) kulit mete diolah menjadi cashew nut shell liquid (CNSL). CNSL dimanfaatkan sebagai pestisida nabati yang ampuh mengendalikan berbagai cendawan, macam-macam ulat dan siput. Sehingga jambu mete sebagai pestisida nabati ini bisa dijadikan sebagai dasar pemikiran pemanfaatan limbah mete.

Ini Penyebab Sayuran Organik Berbentuk ‘Tak Sempurna’

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana