logo


Jambal Roti khas Pangandaran, Jadi Incaran Wisatawan

Proses pengeringan tersebut akan membuat Jambal Rotii dapat bertahan sekitar 2 minggu

15 September 2015 00:00 WIB

Jambal Roti
Jambal Roti

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Puas menikmati aneka obyek wisata serta ragam kuliner yang dijajakan, tak ada salahnya Anda membawa beberapa oleh-oleh khas Kabupaten Pangandaran. Salah satu toko penjual oleh-oleh khas Pangandaran yang ramai dengan pengunjung adalah Toko SH. Jaya yang terletak di Jl. Sumardi, tepatnya berada di depan Pasar Wisata Pangandaran.

Dari berbagai oleh-oleh yang dijual, oleh-oleh yang paling terkenal adalah Jambal Roti khas Kabupaten Pangandaran. Jambal Rotii merupakan ikan jambal yang telah dibersihkan dan direndam di dalam air garam sekitar 1 hari. Setelah itu, dijemur sampai kering selama 1 hari dengan panas yang cukup, sambil ditaburi garam.

Proses pengeringan tersebut akan membuat Jambal Rotii dapat bertahan sekitar 2 minggu dalam suhu ruang dan 1 bulan dalam freezer. Untuk menikmati Jambal Roti ini, Anda dapat langsung menggorengnya sekitar 5 menit hingga matang dan menghasilkan tekstur yang renyah. Jambal Roti yang telah matang sangat cocok dimakan bersama sepiring nasi hangat dan sambal terasi. Jambal Roti khas Kabupaten Pangandaran ini dijual dengan harga Rp 80.000 per kg.

Selain itu, ada juga oleh-oleh lain yang tak kalah laris. Yakni Keripik Udang Goreng Tepung. Karena dijual dalam keadaan matang, oleh-oleh ini hanya dapat bertahan 1 minggu saja. Gurihnya Keripik Udang Goreng Tepung dapat langsung Anda nikmati sebagai cemilan dalam perjalanan pulang. Jambal Roti dijual Rp 30.000 per bungkus.

Ide Masakan Rumahan: Masakan Mudah untuk Buka Puasa, Resep Tomyam Udang

Halaman: 
Penulis : Hasballah