logo


Mari Sulap Invasi Keong Mas Menjadi MOL

MOL dari keong mas ini bisa juga digunakan sebagai pupuk organik cair

13 September 2015 00:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Keong mas terkenal sangat gemar mengkonsumsi tanaman padi muda yang notabene banyak mengandung auksin. Meskipun hewan ini bertubuh lunak dan jalannya sangat pelan, hewan ini sangat rakus dan bisa menghabiskan padi dengan mudah dalam hitungan hari. Karena serangan keong mas sangat dahsyat secepat perkembangan populasinya, tidak heran jika sebagian petani menempuh cara-cara instan tanpa mempertimbangan kelestarian lingkungan.

Padahal keong mas terkenal memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan MOL (Mikro­organisme Lokal). Selain itu keong mas juga memiliki kandungan gizi lemak 0,37%, kadar abu 1,74%, serat kasar 0,61%, rendemen 18%, kalsium 29,3 %, dan phosphor 0,19%.

Pembuatan MOL dari keong mas ini banyak sekali manfaatnya. Antara lain adalah untuk membuat mikro organisme lokal starter yaitu digunakan sebagai bahan decomposer atau mikroorganisme pengurai dalam pembuatan kompos. Biasanya dalam pembuatan kompos petani menggunakan starter sintetik atau buatan berupa stardec, EM-4, dan OrgaDec dengan harga beli  yang cukup mahal.
 
Selain itu, MOL dari keong mas ini bisa juga digunakan sebagai pupuk organik cair yang mem­punyai kandungan nitrogen yang tinggi. Bahan cukup mudah diperoleh, murah dan mujarab dalam hasil aplikasinya.

Menteri Pertanian Curhat Masalah Bahan Pangan

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Hasballah