logo


Menegok Pesona Bunga Dahlia yang Tak Lekang Dimakan Zaman Yuk!

Tanaman yang berasal dari Meksiko ini memang tidak perlu diragukan lagi akan pesona keindahannya

12 September 2015 00:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM – “Bungaku.. Dahlia…Duhai bunga pujaan kau bunga dahlia, Oh bunga kesayangan kau bunga dahlia”. Yap, sepenggal lirik lagu dangdut yang populer ditembangkan oleh Mansyur S ini mengibaratkan sesosok wanita cantik yang memiliki kecantikan seperti halnya bunga dahlia yang sedang mekar.

Tanaman hias yang berasal dari Meksiko ini memang tidak perlu diragukan lagi akan pesona keindahannya. Tak ayal di negara asalnya, Dahlia pun menjadi lambang bunga Nasional. Dahlia merupakan tanaman berumbi yang akan berbunga sepanjang tahun, tepatnya di musim panas hingga musim gugur. Namun sayang, untuk perkembangbiakannya tanaman ini bisa dikatakan sangat lambat.

Konon, pada tahun 1872, negeri Belanda mendapatkan hadiah sekotak umbi yang berasal dari Meksiko. Dari sekotak umbi, ternyata yang dapat tumbuh berkembang hanya satu. Bunga Dahlia tersebut berhasil berbunga, dengan warnanya yang merah dan daunnya yang tumbuh meruncing.

Ahli tanaman yang berhasil mengembang biakan tanaman ini pun memberinya sebuah nama yakni Dahlia juarezii. Dahlia juarezii inilah yang menjadi cikal bakal perkembangan bunga dahlia hibrida yang terkenal hingga sekarang.

Berdasarkan pantauan JITUNEWS, Jumat (11/9) di kawasan jalan Juanda, Depok-Jawa Barat yang banyak berdiri lapak-lapak usaha tanaman hias di bahu kiri jalan. Disana pedagang tanaman hias menjajakan produknya yang berkombinasi, terdiri dari tanaman hias dan bibit tanaman produktif. Salah satunya lapak milik Muhamad Irfan, salah seorang pedagang tanaman hias ditempat ini.

Ia menuturkan bahwa usaha yang telah digelutinya selama dua tahun ini cukup memberikan keuntungan yang lumayan, meskipun penjualan tanaman hias sering mengalami pasang surut.

Pria yang akrab disapa Irfan ini, berjualan aneka tanaman hias seperti adenium, sikas dan dahlia salah satunya. Tak hanya tanaman hias, irfan pun berjualan tambulapot di lapaknya.

“Lagi kurang greget sekarang penjualannya mba, tapi kalau semacem mawar,dahlia masih suka banyak yang nyari. Tanaman seperti ini soalnya enggak ngikutin tren” kata Irfan
Khusus untuk dahlia, ia pun kerap dibanjiri oder untuk memasok bunga dahlia ke salah satu pelanggan setianya. Bunga dahlia memang memiliki varietas tanaman yang memiliki bunga berwarna cantik dan cerah sehingga tak jarang bunga yang satu ini merupakan komoditas industri tanaman potong atau hanya sekedar penghias halaman rumah.
Nah, jika Anda memang memiliki ketertarikan terhadap bunga ini, yuk intip ulasan cara untuk merawat bunga dahlia agar tumbuh cantik maksimal. Seperti apa? Simak ulasannya berikut ini.

Seperti halnya tanaman hias lain, dahlia sangat mudah untuk ditanam dan diperbanyak. Anda bisa memperbanyak dahlia dengan cara di stek batang, penyemaian biji, atau pemisahan anakan.

Untuk menanamnya, Anda hanya perlu menyiapkan pasir halus dan kompos. Jika sudah ditanam, siramlah dengan teratur. Maka dua bulan kemudian, tanaman pun sudah bisa berbunga. Setiap pagi, Anda bisa meletakkan tanaman ini diteras depan, ketika matahari sudah berangsur naik, taruhlah kembali bunga dahlia Anda dan simpan di tempat yang teduh.

“Sinar matahari disiang hari dapat membuat dahlia Anda akan berbunga kecil dan juga akan menyebabkan daunnya berubah menjadi kekuningan,” saran Irfan sambil menutup perbincangan.

Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah