logo


Syarat Jitu Cara Menanam Anggrek Yang Benar

Tanaman Anggrek memang masih memiliki pesona yang tak lekang oleh jaman

10 September 2015 00:00 WIB

Tanaman anggrek
Tanaman anggrek

JAKARTA, JITUNEWS.COM –  Siapa yang tidak jatuh hati ketika melihat tanaman hias yang satu ini? Beragam jenis tanaman ini telah kesohor karena masing-masing memiliki tampilan yang cantik dan menarik. Yap. Tanaman yang dimaksud adalah anggrek.

Anggrek memiliki nama latin Orchidaceae, yang tumbuh epifit. Organ-organnya yang cenderung tebal dan sukulen atau berdaging membuatnya bisa tahan terhadap ketersediaan air yang rendah. Ketersedian airnya diperoleh dari hujan, tetesan, embun, atau uap air di udara. Selain kerap digunakan sebagai tanaman hias, karena anggrek merupakan tanaman hias yang tumbuh eksotis. Bunga ini juga sering digunakan sebagai komponen dalam seni merangkai bunga.

Tanaman Anggrek memang masih memiliki pesona yang tak lekang oleh jaman. Meskipun beberapa waktu lalu, bisnis tanaman hias diramaikan dengan boomingnya  Anthurium, philodendron,aglonema. Namun kepopularan tanaman anggrek tetap tak bergeser. Seperti tetap eksisnya sentra Taman Anggrek Ragunan (TAM), yang berlokasi di jalan Harsono, RM Jakarta Selatan.

Menurut salah satu pedagang, Sukendar yang memiliki lapak bernama Rama orchids mengatakan kepada JITUNEWS, “ meskipun bisnis tanaman hias sekarang lagi merosot, namun omset yang kita peroleh untuk berjualan anggrek masih berkisar Rp 14 juta-an lah perbulannya” kata Sukendar.

“ Harga anggrek disini, rata-rata berkisar mulai harga Rp 17.500 sampai Rp 35.000 perbatangnya, tapi tergantung dari jenis anggreknya juga sih. Kalau Cattleya sendiri jika sudah berbunga bisa mencapai Rp 50.000 hingga Rp 70.000 “ujarnya lagi.

Nah, jika Anda memang berminat untuk menanam anggrek dihalaman rumah. Sepertinya harus mengetahui dulu syarat-syarat agar anggrek Anda tumbuh seperti yang diinginkan. Berikut syarat jitu yang harus diketahui sebelum menanam anggrek dirumah, seperti yang diinfokan oleh Sukendar. Mau tahu seperti apa? Berikut ulasannya.

Iklim

Umumnya anggrek dapat tumbuh disegala musim, meskipun saat curah hujan tidak banyak. Tanaman ini tetap dapat hidup. Namun, keberadaan angin sangat berpengaruh terhadap anggrek epifit. Anggrek epifit sangat tergantung pada uap air sebagai nutrisi agar anggrek dapat terus hidup.  Tetapi ada juga jenis anggrek yang membutuhkan jenis intensitas terkena paparan sinar matahari yang berbeda. Minimal suhu yang dibutuhkan untuk anggrek dapat hidup berkisar 12,7 Celsius. Kurang dari suhu tersebut, maka akan mengganggu pertumbuhannya. Sedangkan di siang hari kelembapan udara yang ideal yang dibutuhkan oleh anggrek sekitar 65 hingga 70 %.

Media Tanam

Media tanam anggrek Harus disesuaikan dengan jenis anggreknya. Anggrek digolongkan menjadi epifit/semi epifit, terrestrial, dan semi terrestrial.Untuk media tanam yang ideal untuk anggrek epifit atau semi   epifit adalah serat pakis yang telah digodok, kulit kayu, serabut kelapa, ijuk, potongan batang enau, arang kayu, pecahan genting/batu bata.

Namun Sebelum menanamnya, menurut Sukendar pastikan terlebih dahulu media tanam tersebut bebas dari penyakit.

Sedangkan untuk anggrek terrestrial yang bisa hidup langsung ditanah. Untuk menyuburkan tanahnya harus ditambahkan oleh pupuk kompos, sekam, darah binatang, serat dan pakis. Lain halnya dengan anggrek semi terrestrial media tanam yang dibutuhkan adalah pecahan genteng yang besar, sekam dan pupuk kandang. Sukendar pun memberikan saran untuk anggrek semi terrestrial membutuhkan media dengan kadar keasamannya sekitar 5,2 ph.

Ketinggian tempat

Beberapa jenis anggrek seperti Dendrobium, Phlaenopsis, Oncidium, dan Paphilopedillum, dapat tumbuh di suhu 26-30 derajat Celsius dan suhu malam hari 21 derajat Celsius dengan ketinggian 0-650m dpl. Sedangkan anggrek yang tumbuh diketinggian 150-1500 mdpl, membutuhkan suhu udara disiang hari yang berkisar 21 derajat Celsius dan dimalam harinya antara 15-21 derajat Celsius.

Kaktus Hias: Beda Nama, Beda Keindahan, Beda Pula Sensasinya

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah