logo


Ini Salah Satu Cara Jitu Tingkatkan Produksi Migas Nasional

Sebab, lapangan-lapangan migas yang ada di Indonesia sudah menua dan produktifitasnya rendah.

8 September 2015 17:52 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Zikrullah mengungkapkan, bahwa satu-satunya harapan untuk dapat meningkatkan produksi migas nasional hanyalah melalui penemuan cadangan dari lapangan-lapangan baru.

Pasalnya, lapangan-lapangan migas yang ada di Indonesia sudah semakin menua. “Supaya produksi dapat meningkat, maka eksplorasi yang lebih baik harus digiatkan untuk dapat menemukan cadangan migas yang baru yang pada akhirnya akan mendukung peningkatan profil produksi nasional,” ungkap Zikrullah kepada wartawan baru-baru ini di Jakarta.

Zikrullah mengatakan, kegiatan eksplorasi pada bisnis hulu migas dipengaruhi oleh 4 faktor penting, yakni geologi yang menarik, fiskal yang menarik, regulasi yang mendukung, dan monetisasi penemuan cadangan yang cepat dan saling menguntungkan baik bagi Negara maupun investor.


Pertamina Bagi-bagi Promo Menarik, Harga Khusus Hingga CashBack Melalui Program Langit Biru: Anda Mau?

Dari keempat aspek tersebut, Zikrullah melanjutkan, bahwa data statistik menunjukkan aspek fiskal dan regulasi memberikan kontribusi hampir 50% terhadap keberhasilan dalam pengembangan sektor hulu migas.

Hal itu berarti, Ia menambahkan, apabila dua hal ini dapat diperbaiki dan ditingkatkan, maka biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan bisnis (cost and time of doing business) pada sektor hulu migas Indonesia menjadi lebih efisien.

“Khusus untuk aspek Fiskal dan Regulasi, sudah waktunya untuk diwacanakan adanya perubahan menjadi lebih Kompetitif, khususnya untuk menarik minat investor lebih besar ke Indonesia,” tutupnya.

Pertamina Beri Ruang, Field Tambun Berinovasi Selama Pandemi

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin
 
×
×