logo


Kader PDIP dan Demokrat Juga Ikut ke Amerika Serikat

Juliari ikut kunjungan kerja dan telah mengajukan permohonan izin ke Amerika

8 September 2015 00:00 WIB

Juliari P Batubara, Kader PDIP yang mengikuti kunjungan kerja ke San Fransisco, Amerika Serikat. (Ist)
Juliari P Batubara, Kader PDIP yang mengikuti kunjungan kerja ke San Fransisco, Amerika Serikat. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebanyak 12 wakil rakyat mengikuti kunjungan kerja ke San Fransisco, Amerika Serikat. Dalam daftar tersebut terselip satu nama wakil rakyat asal Fraksi PDI Perjuangan, dan dua nama berasal dari Fraksi Partai Demokrat.

Adalah kader moncong putih, Juliari P Batubara, yang selain terdaftar juga ikut pergi bersama rombongan Setya Novanto dan Fadli Zon.

Saat dikonfirmasi melalui Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan, Bambang Wuryanto, membenarkan bahwa Juliari ikut kunjungan kerja dan telah mengajukan permohonan izin ke Amerika.

"Kalau kunjungan kerja ke luar negeri sudah pasti izin," kata Bambang Wuryanto, Senin (7/9).

Bambang menjelaskan, keberangkatan Juliari ke Amerika berstatus sebagai anggota Komisi VI yang membidangi masalah perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi, usaha kecil dan menengah, dan BUMN. Meski begitu, Bambang memastikan bahwa kader PDI Perjuangan itu tak turut menghadiri konferensi pers capres AS Donald Trump. Dimana dalam acara tersebut nampak kehadiran Setya Novanto dan Fadli Zon.

Meski begitu, Bambang mengaku perlu untuk memastikan kembali bersangkutan dengan kegiatan kunjungan kerja selama di Amerika. "Nanti saya cek lagi," imbuhnya.

Seperti halnya dengan PDI Perjuangan, Partai Demokrat juga kedapatan memberangkatkan dua dari tiga nama yang tertulis dalam daftar keberangkatan kunjungan kerja. Mereka adalah, Umar Arsal, Nurhayati Ali Assegaf, dan Michael Wattimena. Namun menurut Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, nama Umar Arsal urung berangkat ke Amerika Serikat. Mengingat Ketua divisi Tanggap Darurat PD itu bakal memberikan bantuan sosial kepada korban asap kebakaran hutan di Sumatera.

"Kemarin (saat jumpa pers terkait sikap Demokrat dalam isu dua pekan terakhir) ada kok dengan saya," jawab Hinca Senin (7/9).

Sedangkan nama Michael maupun Nurhayati, menurut Hinca keduanya sudah mendapatkan izin dari Fraksi Demokrat yang ditembuskan kepada DPP Demokrat. Namun, tambah Hinca, keduanya memilih untuk tidak hadir dalam konferensi pers capres AS Donald Trump.

"Michael menjelaskan bahwa tidak ada ikut dalam konferensi pers Donald Trump, tapi kunjungan rutin memang dalam tugas DPR. Ya murni DPR, tidak ikut dalam konferensi pers itu," tegas Hinca.

Nanti setibanya di Indonesia, DPP akan meminta laporan dan penjelasan hasil kunjungan kerja itu kepada keduanya. "Tanggal 9 sudah bersama-sama dengan kita dan akan menghadiri ulang tahun Partai Demokrat. Kita tunggu saja," ucap mantan pengurus PSSI itu.

Diminta Berkoalisi dengan Demokrat, Golkar Fokus Airlangga Capres 2024

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah, Vicky Anggriawan
 
×
×