logo


Strategi Jitu Memulai Serta Menjalankan Usaha Toko Obat Skala Rumahan

Mendirikan toko obat tidak harus mempunyai latar belakang pendidikan farmasi atau apoteker

8 September 2015 00:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mendirikan sebuah toko obat tidak sesulit mendirikan apotik. Mendirikan toko obat tidak harus mempunyai latar belakang pendidikan farmasi atau apoteker. Anda hanya membutuhkan pengetahuan tentang kesehatan. Toko obat dan apotek adalah usaha yang sama-sama menjual obat. Perbedaannya toko obat lebih fleksibel dijalankan oleh orang-orang yang kurang paham dengan obat-obatan. Selain itu, hanya menyediakan obat-obatan yang dipasarkan secara bebas dan tidak menerima resep dari dokter.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dalam memulai usaha toko obat atau apotek diantaranya pengetahuan tentang obat-obatan atau farmasi, persiapan tempat dan modal usaha, pengurusan izin untuk membuka toko obat atau apotek, dan mengetahui sumber-sumber penyalur obat.

Modal yang diperlukan untuk membuka usaha toko obat atau apotek, meliputi tempat usaha berupa ruangan yang didesain khusus untuk toko obat atau apotek, peralatan pendukung seperti lemari, etalase, meja dan kursi, biaya untuk mengurus perizinan dan sarana promosi serta biaya operasional lainnya seperti gaji pegawai atau untuk pembelian stok obat-obatan.

Dalam pelaksanaannya, langka-langkah dalam memulai usaha toko obat antara lain mencari lokasi untuk tempat usaha, carilah lokasi yang strategis baik di rumah sendiri ataupun menyewa kios, merancang jenis obat yang akan dijual termasuk barang-barang pelengkap lainnya, menetapkan harga obat sesuai standar harga obat, mencari sumber untuk mendapatkan obat seperti pabrik obat atau dealer obat, mengurus perizinan pendirian toko obat atau apotek, merekrut pegawai yang kompeten, menyebarkan brosur usaha ditempat-tempat strategis seperti dirumah sakit, klinik, tempat dokter praktek dan lainnya serta mengantisipasi peredaran obat-obat palsu.

Pemasaran usaha toko obat dapat dilakukan dengan cara seperti memasang papan nama toko, menyediakan kartu nama, bekerja sama dengan dokter untuk membuka praktek dalam satu lokasi yang sama dan menyediakan waktu untuk layanan konsultasi kesehatan gratis yang sederhana.

Kendala-kendala yang dihadapi dalam menjalankan bisnis ini adalah tidak terjualnya obat-obatan yang sudah habis masa kadaluarsanya dan kemungkinan beredarnya obat palsu.

Kunci sukses dalam usaha ini adalah kelengkapan obat-obatan yang dijual dan kebersihan toko. Sedangkan peluang usaha lainnya antara lain menjual kebutuhan yang mendukung kesehatan seperti susu dan lainnya, membuka jasa laboratorium serta bekerja sama dengan dokter membuka praktek di tempat usaha.

Cara Mudah Dapat Uang dari Instagram, Dijamin Kaya Raya

Halaman: 
Penulis : Suciati, Hasballah