logo


Kaktus, Si Tebal Berduri yang Tetap Menjadi Idola

Perlu diketahui, ternyata ada dua jenis kaktus yang dikenal antara lain, kaktus gurun dan kaktus hutan

7 September 2015 00:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM–  Tanaman ini terkenal berasal dari gurun pasir dengan tampilan yang khas yakni memiliki duri disekujur tubuhnya. Ya, tanaman hias yang dimaksud adalah kaktus. Kaktus  termasuk famili Cactaceae dan golongan sekulen yang mampu menyimpan cadangan air dibatangnya. Umumnya tanaman ini mampu bertahan pada saat kondisi kekeringan. Akar serabutnyalah yang berperan penting, karena mampu menyerap air dan menyimpannya dibatang dalam kurun waktu yang lama. Tetapi  tidak semua jenis kaktus seperti ini, karena ada pula jenis kaktus yang tetap membutuhkan penyiraman yang rutin untuk bertahan hidup.

Perlu diketahui, ternyata ada dua jenis kaktus yang dikenal antara lain, kaktus gurun dan kaktus hutan, seperti yang dituturkan oleh Nurudin, seorang pedagang yang memiliki kios bernama Kebun Tanaman Nurseri Nurudindi kawasan Cinere, Jawa Barat kepada JITUNEWS beberapa waktu lalu.
“Di Indonesia, kebanyakan yang ditanam dan diBudidayakan adalah kaktus hutan,” ujar Nurudin saat ditemui di kiosnya yang berukuran 20 meter persegi ini

Ia pun melanjutkan kalau kaktus hutan dan kaktus gurun memiliki perbedaan dari segi tampilan dan habitat. “Kaktus gurun biasanya memiliki ukuran yang besar, dan biasa hidup atau tumbuh berkembang di daerah yang kering, sedangkan kaktus hutan lebih menyukai kondisi lembab sebagai syarat tumbuhnya, seperti di Bandung atau Malang yang memiliki kondisi wilayah yang dingin," jelas Nurudin panjang lebar.


5 Tanaman Ruangan Tren 2018 untuk Rumahmu, Tengok Yuk!

Jika Anda memang menginginkan tanaman ini sebagai hiasan di rumah. Anda bisa menjadikan kaktus sebagai tanaman indoor, dengan catatan harus tetap diberikan asupan sinar matahari. Nurudin pun melanjutkan kembali bahwa sinar matahari diperlukan untuk memproses makanan agar kaktus tetap tumbuh dan berkembang. Akan tetapi, kaktus hutan tidak bisa langsung terkena sinar matahari karena akan membuatnya terbakar atau sunburn.

“Bagi pemula yang belum mengetahui cara perawatan kaktus biasanya akan sembarangan saja meletakkan kaktus hingga terkena cahaya matahari langsung, akibatnya lapisan kaktus akan terbakar dan berwarna coklat," ujar nurudin.

Ia pun menyarankan agar hal ini tidak sampai terjadi, lebih baik menempatkan kaktus di dalam rumah dan sesekali menaruhnya di teras depan agar terkena hempasan angin atau bisa juga di letakkan di tempat yang memiliki pelindung dari fiber atau plastik.

Kembali Jadi Primadona, Yuk Kenali Manfaat Tersembunyi dari Aglaonema

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah