logo


Inovatif, Mahasiswa IPB Lahirkan Gula Cair Berbahan Kulit Singkong Lho!

Kalori gula cair kulit singkong lebih rendah dari gula lainnya

6 September 2015 08:37 WIB

Gula cair dari kulit singkong cocok digunakan untuk diet karena kandungan kalorinya yang rendah. (Foto : bogortoday)
Gula cair dari kulit singkong cocok digunakan untuk diet karena kandungan kalorinya yang rendah. (Foto : bogortoday)

BOGOR, JITUNEWS.COM – Inovasi dalam teknologi pangan telah lahir. Tiga orang mahasiswa IPB telah berhasil membuat gula cair yang terbuat dari limbah kulit singkong.

"Gula cair kulit singkong menggunakan hidrolisis enzimatis dengan bantuan enzim alfa-amilasi dan enzim amiloglukosidae merupakan gula cair fruktosa yang rendah kalori yakni sebesar 106 kkal/100 g," kata Galih Nugraha salah satu mahasiswa IPB yang berhasil mengolah kulit singkong menjadi gula cair seperti yang dikutip dari laman Tempo, Sabtu (05/09).

Saat disinggung soal kelebihan gula kulit singkong yang dibuatnya, Galih menuturkan bahwa kandungan lemak gula cair dari kulit singkong lebih rendah, sehingga bisa menjadi alternatif pengguna gula selain gula kelapa.

"Gula cair dari kulit singkong cocok digunakan untuk diet karena kandungan kalorinya yang rendah," katanya.

Untuk proses pengolahannya sendiri, Abdul Aziz yang juga menjadi tim dalam pengolahan kulit singkong mengatakan bahwasnya kulit singkong yang sudah direndam selama tiga hari diblender dengan campuran air lalu diambil patinya. Setelah itu, bubur kulit singkong yang sudah menjadi pati dimasukkan sejumlah enzim alfa-emilase.

“Setelah proses itu, selanjutnya lanjutkan ke tahap sakarifikasi dengan cara pati yang telah terpecah menjadi dekstrin didinginkan dari suhu 105 °C menjadi 60 °C, kemudian dimasukkan ke dalam toples kaca sakarifikasi dengan penambahan enzim amiloglukosidase,” beber Aziz

Setelah melalui proses sakarifikasi, kata Aziz, kemudian masuk ke dalam proses pemucatan dengan arang aktif. Tahap selanjutnya, dilakukan penyaringan dan proses penguapan (Evaporasi) untuk memekatkan hasil gula cair dari 30-35 brix sampai 43-80 brix.

Lebih lanjut, tim dalam pengolahan kulit singkong yang lainnya, Putri Vionita menjelaskan, bila dibandingkan dengan produk gula lainnnya kandungan kalori gula cair kulit singkong lebih rendah dari gula lainnya, seperti gula aren mengadung 368 kkal/100 gram, gula kelapa 386 kkal/100 gram. Dan bahan pemanis lainnya seperti madu mengandung 294 kkal/100 g.

"Dari hasil uji komposisi gula mengandung HPLC, komposisi gula cair kulit singkong mengandung fruktosa sebesar 4677.21 mg/1000g, glukosa 24.62 mg/1000 g, maltosa 0.11 mg/1000g," katanya.

Beli Beras Sachet Rp 2.500, Bisa Kenyang Satu Hari!

Halaman: 
Penulis : Riana