logo


Disukai Banyak Kalangan, Usaha Ternak Sugar Glider Menjanjikan!

Harga jual hewan ini cukup tinggi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan jutaan rupiah

5 September 2015 08:29 WIB

Prospek budidaya sugar glider sebagai hewan peliharaan untuk hobi sangat bagus. (Foto : bowmanvilleveterinaryclinic)
Prospek budidaya sugar glider sebagai hewan peliharaan untuk hobi sangat bagus. (Foto : bowmanvilleveterinaryclinic)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jenny Chandra Dinata yang akrab disapa Majo, senang memelihara hewan kesayangan sejak kecil. Salah satu hewan yang dipeliharanya yakni sugar glider. Ia memelihara hewan tersebut sejak 7 tahun lalu. Setelah memahami seluk-beluk tentang sugar glider ia mulai mengembangbiakan sendiri.

Sebelum menekuni usaha sugar glider, Majo telah lebih dulu beternak kelinci dan hamster. Baru pada tahun 2008 ia beralih memBudidaya sugar glider. Majo kemudian tidak lagi mengembangbiakkan kelinci dan hamster karena merasa pemeliharaan sugar glider lebih sederhana dan menguntungkan.

“Keuntungan yang saya dapat lebih bagus daripada kelinci dan hamster,” kata Majo.

Awalnya Majo mengeluarkan modal tidak lebih dari Rp 5 juta yang ia gunakan untuk membeli 3 pasang sugar glider jenis grey serta kandang besi dan pakan. Majo membeli sugar glider tersebut dari temannya. Sugar glider yang dipelihara Majo, menghasilkan 6-8 ekor anakan yang ia jual di lingkungan komunitas pecinta sugar glider. Waktu pemeliharaan yang dibutuhkan sekitar 3,5 bulan untuk menghasilkan 6-8 ekor anakan sugar glider.

Menurut Majo, prospek Budidaya sugar glider sebagai hewan peliharaan untuk hobi sangat bagus, karena sugar glider di Indonesia baru mulai marak sekitar tahun 2011 dan para pelaku usaha, seperti peternak dan breeder masih jarang sehingga masih banyak yang mengandalkan tangkapan alam.

Dalam beberapa tahun terakhir, Majo menerima banyak permintaan sugar glider namun ia kewalahan karena stok sugar glider-nya tidak bisa memenuhi permintaan tersebut.

“Kadang ada permintaan yang ditolak karena nggak punya banyak stok sugar glider,” jelas Majo.

Dengan banyaknya permintaan sugar glider, prospek usaha ini terbilang cukup menjanjikan. Terutama harga jualnya yang cukup tinggi mulai dari ratusan ribu hingga puluhan jutaan rupiah. Oleh karena itu, persaingan dirasa belum terlalu ketat. Apalagi breeder yang menghasilkan sugar glider berkualitas masih sedikit.

Nah, apa Anda tertarik memelihara si tupai terbang ini?

Wow, Ternyata Anjing Dapat Mengendus Kanker Lho!

Halaman: 
Penulis : Riana