logo


Mereguk Untung Besar dari Bisnis Sabun dan Shampo Cuci Motor Skala Rumahan

Kualitas produk yang bisa bersaing membuat produk ini menjadi pilihan dari para pelaku usaha jasa cuci motor

4 September 2015 00:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Prospek usaha sabun dan shampo cuci motor skala rumahan memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Hal ini karena meningkatnya pengguna motor yang berimbas pada menjamurnya usaha jasa pencucian motor. 

Penggunaan jasa cuci motor semakin diminati karena semakin terbatasnya waktu seseorang di zaman yang dituntut serba cepat, sehingga mereka tidak sempat mencuci kendaraannya sendiri. Dengan makin banyaknya jasa cuci motor maka kebutuhan akan produk pembersih seperti shampo, semir ban sampai tisu pembersih helm sangat dibutuhkan. 

Lebih Murah. Harga yang terjangkau dari produk sabun maupun shampo cuci motor untuk skala rumahan ini memang menjadi salah satu alasan para pemilik usaha jasa cuci motor lebih memilih produk home industry dibandingkan produk lain dari brand terkenal. 


7 Peluang Usaha 2020 Paling Mudah dan Menguntungkan

Tidak hanya itu saja, kualitas produk yang tidak kalah dengan produk brand terkenal membuat produk ini menjadi pilihan dari para pelaku usaha jasa cuci motor. Salah satu kualitas yang ditonjolkan dari produk-produk rumahan yaitu seperti sabun maupun shampo yang digunakan untuk mencuci motor tersebut tidak merusak cat atau body kendaraan yang dicuci secara berkala.

Mensiasati Persaingan. Pelaku usaha dibidang ini bersaing dengan para pemain-pemain besar yang tealah menguasi pasar. Karena itu, agar produknya dapat diterima, maka kualitas harus tetap dijaga. Jangan tergiur dengan untung besar, tapi kemudian mengabaikan kualitas produk. Karena jika hal ini terjadi, maka hanya diawal saja banyak pembeli, seiring dengan waktu akan berkurang karena mellihat kualitas produk yang tidak murahan. 

Selain itu, cara lain untuk memenangi persaingan antar pelaku seperti membangun komunitas penjual sabun atau pun shampo skala rumahan. Cara ini dapat ditempuh dengan cara sistem keagenan. 

Dengan tersebarnya agen dari produk kita di banyak daerah, tentunya akan berpengaruh pada peningkatan penjualan produk. Sistem keagenan atau kemitraan ini juga akan meningkatkan efisiensi strategi marketing dan promosi dari produk yang dihasilkan. Produk kita akan dikenal di berbagai kota bahkan sampai ke daerah-daerah terpelosok.

Promosi yang Efektif. Selain menggunakan sistem keagenan, agar para produsen pembersih skala rumahan dapat bersaing dengan para produsen yang sudah memiliki brand, maka promosi yang efektif justru melalui acara kumpul bersama seperti arisan RT, penyebaran brosur dan pamphlet. 

Promosi seperti ini ditempuh karena kalangan usaha skala rumahan biasanya memiliki dana yang terbatas dalam melakukan promosi. Karena itu sebaiknya menggunakan media yang murah tetapi langsung kepada calon konsumen. Walaupun keterbatasan dana, tetapi jangan takut akan kalah bersaing karena kekuatan dari produk ini adalah harganya murah dan pembeli dapat membeli sesuai kebutuhan. 

Modal Minim? Bisnis Ini Bisa Jadi Pilihan Tepat

Halaman: 
Penulis : Hasballah
 
×
×