logo


Bagi yang Mau Buka Usaha Kursus Masak Perlu Baca Ini!

Dengan adanya sertifikat, maka kredibilitas usaha Anda akan lebih dipercaya

3 September 2015 00:00 WIB

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Apabila Anda mempunyai bakat dan hobi memasak, tidak ada salahnya Anda memilih jenis usaha ini. Selain dapat berbagai ilmu, juga dapat menambah penghasilan. Kursus memasak merupakan salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah mati dan selalu ada peminatnya. Banyak orang yang hobi memasak merasa kurang lengkap dengan hanya membeli buku-buku resep masakan saja. Dengan mengikuti kursus memasak, mereka bisa mendapat resep masakan, mempraktekkannya, serta memperoleh ilmu atai trik-trik dalam hal memasak. Selain itu, mereka termasuk Anda sendiri yang mempunyai kesempatan bertemu banyak orang yang bisa dijadikan relasi ataupun partner usaha.

Untuk memulai usaha membuka kursus memasak, harus memiliki keterampilan dan pengalaman dalam memasak. Segala trik, seluk beluk membuat makanan, dan cara mengatasi kendala-kendala yang terjadi saat memasak harus dikuasai betul sebelum membuka usaha ini. Begitu juga dengan berbagai jenis mesin atau alat perlengkapan memasak, aneka loyang, aneka bahan makanan dan juga tempat dimana memperoleh semua itu harus kita ketahui.

Membuka kursus memasak merupakan pendidikan in formal. Untuk itu kita harus memiliki sertifikat mengajar dari Departemen Pendidikan. Dengan adanya sertifikat tersebut, kredibilitas usaha Anda akan lebih dipercaya. Kesabaran dan ketekunan juga sangat diperlukan dalam usaha membuka kursus memasak. Dengan ketekunan dan kesabaran membuat kita lebih paham kelebihan dan kekurangan suatu bahan makanan serta dapat memunculkan ide-ide dalam berkreasi dalam membuka resep suatu makanan.

Untuk membuka usaha kursus memasak, selain dibutuhkan ruangan khusus untuk mengajar teori juga dibutuhkan ruangan khusus untuk tempat atau praktek memasak. Modal lain yang diperlukan dalam usaha ini anatara lain peralatan memasak seperti loyang dengan beraneka jenis dan ukuran, mixer berkapasitas sedang hingga besar, oven, dan alat-alat lainnya.

Untuk menarik minat peserta kursus, buatlah materi khusus berupa paket kursus dengan resep makanan yang sedang tren atau populer. Buatlah jadwal dan kurikulum serta persiapkan segala peralatan sebelum dilakukan praktek. Teknik pemasaran dapat dilakukan dengan menyebar brosur atau poster, melalui iklan di koran, sms, internet, ataupun dari mulut ke mulut. Sedangkan hambatan dalam membuka usaha kursus memasak antara lain semangat belajar yang tidak konsisten dari peserta kursus.

Kunci sukses membuka kurus memasak ini adalah masalah kepercayaan. Oleh karena itu, Anda harus membuktikan terlebih dahulu bahwa Anda benar-benar ahli memasak dan membuat berbagai jenis makanan dengan cita rasa yang enak. Kirimkan antaran berupa makanan pada momen-momen khusus ke keluarga, teman maupun tetangga. Selipkan kartu nama usaha kursus Anda ke dalam antaran tersebut. teruslah belajar, berkreasi, dan gali ide dari mana saja serta tekun dalam mencoba segala macam resep. Berusahalah menemukan trik yang pas dalam membuat suatu makanan. Konsisten dalam menjalankan usaha. Meskipun pada awalnya hanya satu atau dua peserta saja tetaplah konsisten dalam menjalankan usaha tersebut sambil menampung kritik dan saran yang masuk.

Membuka usaha kursus memasak juga dapat melahirkan peluang usaha bentuk lainnya seperti menjual beberapa cetakan kue yang diperlukan dalam belajar dan membuka paket kursus memasak untuk anak dan remaja disaat liburan sekolah.

Mau Buka Restoran? Buang Jauh Pikiran Ini!

Halaman: 
Penulis : Suciati, Hasballah