logo


Bunga Larkspur, Si Cantik Yang Mengandung Racun Mematikan

Tanaman ini memiliki 1000 spesies dan berbunga tahunan

2 September 2015 00:00 WIB

Bunga Larkspur
Bunga Larkspur

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Bunga yang satu ini dilambangkan sebagai bulan kelahiran ketujuh di kalender Masehi, yakni Juli. Dan bunga ini memiliki warna bunga yang bervariasi mulai dari ungu, biru, merah, kuning hingga putih. Yap, tanaman hias yang dimaksud adalah Bunga Larkspur. Bunga Larkspur dapat tumbuh dengan baik hingga dua sampai tiga tahun. Tanaman yang memiliki nama lain delphinium atau dolphin  INI memerlukan cahaya matahari yang banyak untuk pertumbuhannya.

Untuk asalnya sendiri, Larkspur berasal dari bumi belahan Utara tepatnya di kawasan Eropa barat, menyebar melalui wilayah Mediterania timur ke Asia Tengah. Tanaman ini memiliki 1000 spesies dan berbunga tahunan. Bunga-bunganya berbentuk terbuka dan mengandung folikel buah tunggal, bukan tertutup.

Bunga Larkspur tumbuh bervariasi dalam ukuran mulai dari 10cm hingga sampai 2 m di habitat aslinya yang berada di padang rumput. Kelopak bunganya tumbuh membentuk pacu atau spur. Hal inilah yang menjadi cikal bakal penamaan tanaman hias ini. Pada saat musim semi hingga berlanjut sampai akhir musim panas, Anda akan melihat Larkspur bermekaran. Kupu-kupu dan lebah pun akan hinggap cantik untuk membantunya dalam penyerbukan.
Hingga saat ini ada dua spesies Larkspur yang asli California dan dianggap terancam punah. Adalah Larkspur Baker dan Larkspur Kuning.

Larkspur umumnya dianggap sebagai tanaman kebun dan bisa dimanfaatkan dalam pengobatan, seperti membantu memulihkan sengatan kalajengking dan membersihkan kutu di rambut. Bunga Larkspurr atau delphinium ini mengandung alkaloid delphinine yang beracun dan bisa mengakibatkan muntah-muntah jika dimakan dan bahkan bisa mengakibatkan kematian jika dikonsumsi pada jumlah yang banyak.





Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah