logo


5 Cara Jitu Menanam dan Merawat Tanaman Petunia Agar Tumbuh Mekar

Semua jenis petunia membutuhkan penyinaran selama 5 hingga 6 jam setiap harinya

1 September 2015 00:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tanaman jenis rambat ini kerap dijadikan sebagai tanaman hias yang ditanam didalam pot gantung. Untaian bunga dari batangnya yang menjulur ke bawah, akan membuat teras depan rumah Anda akan semakin berwarna, karena warna bunga yang dimilikinya sangat beragam. Yap, tanaman yang dimaksud adalah Petunia. Berasal dari Argentina, bunga Petunia akan tumbuh mekar sepanjang musim.

Jika Anda pernah mencoba menanam tanaman cantik ini di rumah, namun hasil yang didapatkan kurang maksimal, seperti Petunia Anda tumbuh tidak berkembang dan bunganya jarang mekar. Eits, hal tersebut bisa terjadi dikarenakan proses awal penanaman yang Anda lakukan kurang tepat. Oleh karena itu, untuk mendapatkan petunia tumbuh subur dan sehat seperti yang Anda idam-idamkan, Anda harus membaca ulasan jitu mengenai tata cara menanam Petunia yang baik dan benar. Penasaran seperti apa? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Tentukanlah jenis varian Petunia yang diinginkan
Sebelum memutuskan untuk menanam petunia, Anda harus memutuskan untuk menanam jenis petunia seperti apa yang diinginkan. Dikarenakan petunia memiliki beragam jenis. Ada beberapa jenis petunia yang cocok untuk ditanam di pot, dan ada juga jenis petunia lainnya yang cocok ditanam langsung di halaman rumah.

2. Pilih bunga petunia yang ingin ditanam
Setelah menentukan jenis petunianya, Anda masih harus memilih petunia tersebut. Ada beberapa point yang harus diperhatikan saat menentukan tanaman hamparan yang baik seperti memilih petunia yang rapat yakni bukan yang memiliki tinggi dan berbatang panjang, karena petunia jenis ini, merupakan petunia yang akan tumbuh dengan baik.

3. Menentukan media tanam yang tepat
Semua jenis petunia membutuhkan penyinaran selama 5 hingga 6 jam setiap harinya. Jika Anda berniat untuk menanam petunia dengan pot. Jangan menggunakan tanah pada media tanamnya, Anda bisa mengganti tanah dengan pasir yang telah dicampur gambut, kompos batang pinus atau sabut. Usahakan juga untuk menyiapkan drainase yang baik pada potnya.

4. Berilah jarak yang tepat saat menanam
Untuk mendapatkan pertumbuhan petunia yang baik satu sama lain. Seperti petunia jenis menjalar  harus ditanam berjauhan dengan jarak 0,5 m satu sama lain sedangkan petunia miliflora sedikit berbeda, petunia jenis ini dapat Anda tanam lebih berdekatan dengan jarak 10-15 cm.

5. Perhatikan musim yang tepat untuk menanam
Baiknya, untuk member penyesuaian pada petunia. Musim yang semi merupakan awal yang baik untuk menanam. Jangan menanam petunia dengan suhu yang panas, karena bisa mengganggu pertumbuhan tanaman ini.

Kembali Jadi Primadona, Yuk Kenali Manfaat Tersembunyi dari Aglaonema

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah