logo


Rumpu Rampe, Sajian Sayuran Kaya Serat Dari Indonesia Timur

Masakan ini bisa dibilang sebagai healthy food karena sebagian besar bahan yang dipakai berasal dari tumbuha

1 September 2015 00:00 WIB

Rumpu Rampe
Rumpu Rampe

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kuliner Indonesia memang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Selain memiliki ciri khas mulai dari penggunaan bumbu hingga tampilannya, kuliner Indonesia menyimpan citarasa lezat dan unik yang mewakili kekhasan dari tiap daerahnya.

Salah satunya hidangan khas yang menjadi kegemaran masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) yang wajib Anda ketahui yang bernama Rumpu Rampe. Masakan ini bisa dibilang sebagai healthy food karena sebagian besar bahan yang digunakan berasal dari tumbuhan yang aman untuk dikonsumsi tubuh seperti bunga pepaya, jantung pisang, daun ubi,daun pepaya dan buah pepaya muda. Siapa sangka, campuran bahan makanan yang tidak biasa ini menghasilkan rasa yang siap menggempur lidah Anda dengan kelezatan rasanya.

Rumpu Rampe disajikan dengan cara ditumis dengan bumbu-bumbu rempah yang sederhana. Namun, kesederhanan bumbunya berbanding terbalik dengan harmonisasi rasa yang tercipta dari bawang merah dan bawang putih. Biasanya daun pepaya meninggalkan jejak pahit di lidah. Namun Anda tidak akan merasakan pahit dimasakan ini, karena daun pepayanya sudah terlebih dahulu dinetralkan dengan garam, yang tertinggal hanya rasa gurih dan pedas yang menyelimuti mulut Anda.

Biasanya Rumpu Rampe akan selalu disajikan di setiap acara yang sedang digelar. Tidak hanya mereka yang berada di Flores saja, namun bagi masyarakat flores yang sedang merantau akan tetap menyajikan masakan ini ditempat mereka berdomisili.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan rasanya dan ingin serta mencoba membuat Rumpu Rampe ini dirumah, berikut sajian resep cara membuat yang bisa Anda praktekan sendiri di dapur rumah Anda. Selamat mencoba!

Ide Makanan untuk Lebaran, Resep Pastel Renyah

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah