logo


Kunci Sukses Memulai dan Menjalankan Usaha Kreasi Kain Flannel

Salah satu kendala yang kerap dialami dalam usaha ini adalah kurangnya kreativitas dalam menghasilkan produk

31 Agustus 2015 00:00 WIB

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tentu Anda telah banyak tahu tentang kain flannel. Kain flannel banyak memiliki warna-warna yang menarik sehingga dapat dikombinasikan. Perpaduan warna dari kain flannel ini sangat menarik sehingga hasil kreasi dari kain flannel diminati oleh sebagian besar orang. Penggemar kreasi dari kain flannel cukup banyak dan saat ini semakin berkembang karena semakin banyak pula kreasi baru dari kain flannel.

Beberapa contoh kerajinan dari kain flannel seperti bros, ikat rambut, gantungan kunci, gantungan HP, jepit rambut, tempat tisu, sarung HP, souvenir, bingkai foto, album foto dan masih banyak lagi. Aneka kreasi kain flannel tergantung dari kreativitas Anda. Kain flannel merupakan bahan yang murah. Kreasi yang dihasilkan memiliki nilai jual yang cukup tinggi tergantung dari tingkat kerumitan dan kreativitas si pembuat.

Bagi Anda yang ingin mendapat penghasilan tambahan aneka kreasi kain flannel, dapat mencobanya sekarang juga. Untuk memulai usaha aneka kreasi kain flannel hanya membutuhkan kreativitas dan sedikit kesabaran.

Untuk memulai usaha ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain modal untuk membeli bahan baku dan peralatan pendukungnya, kreativitas dalam membuat hasil produksi dan menentukan target pasar, seperti toko kerajinan, wisatawan asing dan lain-lain. Modal yang diperlukan dalam usaha ini seperti beberapa kain flannel dengan beragam warna, gunting, jarum, lem, peralatan lainnya, modal usaha untuk biaya operasional lainnya termasuk transportasi dan juga sarana promosi.

Anda perlu juga melakukan beberapa langkah seperti mencari tempat penjualan bahan baku yang murah, melakukan proses produksi, yaitu membuat aneka jenis kerajinan berbahan dasar kain flannel, menentukan harga untuk setiap jenis kerajinan dan memasarkan hasil produk. Teknik pemasaran dalam bisnis ini dapat dilakukan dengan cara seperti menetipkan hasil produksi ketoko-toko kerajinan, aktif mengikuti bazar dan pameran, membuat brosur atau pamfket, melakukan promosi melalui internet dan membuka toko sendiri serta menjual langsung kepada konsumen.

Beberapa kendala yang kerap dialami dalam usaha ini antara lain kurangnya kreativitas dalam menghasilkan produk, pemasaran yang kurang maksimal dan persaingan yang ketat. Kunci sukses dalam menjalankan bisnis ini terletak pada kreativitas. Maklum, barang yang diproduksi merupakan jenis produk yang terbilang punya nilai seni. Harus mau belajar soal tren. Misalnya, sekarang ini konsumen lebih menyukai produk-produk yang sifatnya fungsional bukan sekedar dekoratif. Anda mesti rutin atau sering-sering melakukan inovasi. Peluang usaha lainnya adalah membuka toko khusus kerajinan dan aneka souvenir atau cinderamata.

Mengapa Bisnis Online Cukup Menjanjikan di Era Sekarang?

Halaman: 
Penulis : Suciati, Hasballah