logo


Menikmati Ayam Betutu Gilimanuk Khas Baliyang Pedasnya Bikin Ketagihan

Awalnya, masakan ini menggunakan daging bebek yang diolah menggunakan bumbu-bumbu khas Bali

28 Agustus 2015 00:00 WIB

Ayam Betutu
Ayam Betutu

JAKARTA, JITUNEWS.COM  -  Mendengar kata Bali, bayangan yang terbersit di pikiran Anda pasti hamparan laut Kuta yang terbentang dengan indah. Panorama alam yang bersanding erat dengan kearifan lokal budayanya yang kuat, masih dipegang erat oleh masyarakat di sana. Beberapa faktor itulah yang menjadi daya tarik turis lokal maupun mancanegara untuk bertandang ke pulau dewata.

Tak hanya itu saja, sajian kuliner yang ada di sana juga memiliki citarasa yang bisa memanjakan lidah. Sebut saja Sate Lilit, Nasi Campur Bali dan Ayam Betutu. Merupakan sederet hidangan yang sudah termasyur kelezatannya. Masakan khas Bali memang terkenal dengan penggunaan bumbu rempahnya yang berani sehingga menciptakan cita rasa yang garang.

Ayam Betutu merupakan masakan paling populer yang ada di Bali, khususnya di wilayah Gilimanuk. Awalnya, masakan ini menggunakan daging bebek yang diolah menggunakan bumbu-bumbu khas Bali. Namun, karena ayam juga bisa diolah sebagai pengganti bebek. Maka dikenalah dengan nama Ayam Betutu hingga sekarang.

Rasa kuliner yang satu ini terasa pedas dan memiliki cita rasa harum yang sangat menggoda. Di Gilimanuk ada dua macam pengolahan Ayam Betutu. Yakni, Ayam Betutu yang terlebih dahulu di ungkep atau direbus dan betutu goreng. Ayam Betutu Goreng sebenarnya merupakan bentuk kreasi terbaru yang diolah lebih lanjut dengan di goreng.

Proses awalnya, Ayam Betutu khas Gilimanuk di masak dengan aneka rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, kencur, kunyit, jahe, lengkuas, ketumbar, lada hitam, kemiri, daun salam dan terasi. Selanjutnya aneka rempah bumbu tadi dihaluskan, lalu bumbunya dimasukkan ke dalam ayam. Kemudian ayam tersebut ditaruh kedalam panci hingga bumbu meresap dan Ayam Betutu matang serta memiliki tekstur daging yang empuk. Betutu Gilimanuk memang terkenal dengan rasanya yang sangat pedas.

Untuk menikmati kelezatan kuliner ini, Anda tak perlu jauh-jauh terbang ke Bali. Sudah banyak rumah makan yang menghidangkan masakan khas Bali yang tersebar di santero kota. Anda pun bisa melangkahkan kaki ke rumah makan favorit bersama teman atau keluarga untuk sekedar mengobati kerinduan menyantap Ayam Betutu yang memang selalu bikin kangen lidah untuk menyantapnya.

Nah, untuk Anda yang ingin mencoba memasaknya di rumah, berikut adalah resep cara membuat Ayam Betutu yang enak dan lezat :


Jangan Asal Pakai, Begini Cara Pilih Daging Sapi untuk Rendang: Lembut Namun Tidak Hancur

Ide Masakan Rumahan: Masakan Mudah untuk Buka Puasa, Resep Ayam Kemangi Lombok Ijo

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah