logo


Gimana Sih Caranya Merawat Tabulampot Jeruk Nipis? Cek Disini

Agar tanaman tumbuh alami, cukup diberikan pupuk kandang atau kompos yang matang

27 Agustus 2015 15:51 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tabulampot jeruk nipis sebenarnya tidak membutuhkan perawatan rumit. Yang paling penting adalah penyiraman secara teratur karena volume media tanam yang terbatas di dalam pot pasti akan cepat kering.

Di musim kemarau seperti sekarang ini, penyiraman harus sering dilakukan ketika media telah kering. Frekuensi penyiraman tergantung pada porositas media tanam yang digunakan.
Namun, penyiraman dapat dilakukan sebanyak 2 kali sehari untuk menjaga media agar tidak kering. Media tanam yang biasa  digunakan, yaitu berupa campuran sekam padi, tanah kebun, pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.

Perawatan lain yang perlu dilakukan adalah pemupukan. Agar tanaman tumbuh alami seperti kondisi asli di alam, cukup diberikan pupuk kandang atau kompos yang telah benar-benar matang sebulan sekali. Lebih baik lagi jika pupuk telah di fermentasi dengan mikro organisme menyubur tanah semacam EM-4. Hanya dengan pemupukan sederhana seperti ini saja, tanaman telah tercukupi kebutuhan haranya secara organik.


Strategi Jitu Budidaya Tomat Organik

Untuk mencegah hama, hama yang paling suka mengganggu tanaman jeruk adalah belalang dan ulat hijau yang memakan daun. Anda cukup membasminya secara mekanis dengan menangkap dan membuangnya. Sedangkan untuk penyeprotan dengan pestisida sebaiknya tidak dilakukan, mengingat buah akan dikonsumsi sendiri. Pada umumnya pestisida bersifat racun dan akan terus menempel pada buah, sehingga akan menimbulkan dampak negatif jika sampai masuk ke dalam tubuh.

Hal penting lainnya yang harus Anda lakukan adalah pemangkasan. Pemangkasan juga penting dilakukan agar sosok tanaman terlihat rapi, nyaman dan enak dipandang mata. Buanglah cabang-cabang yang saling bertumpuk  dan terlihat tidak produktif. Untuk tanaman yang di tanam di tanah, pemangkasan juga berfungsi untuk menjaga agar sosok tanaman tidak semakin meninggi yang menyulitkan saat memanen buahnya.

Semoga bermanfaat ya!

 

Menanam Buah di Pekarangan Sempit, Tabulampot Solusinya

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana