logo


Tips Jitu Merawat Bunga Kemuning Agar Tumbuh sehat dan Rajin Berbunga

Untuk memperbanyak, bisa dilakukan dengan cara di stek batang, pencangkokan atau menyemai bijinya

26 Agustus 2015 00:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tanaman yang satu ini kerap disebut sebagai tiruan melati. Dimalam hari biasanya dia kerap menebarkan aroma wewangiannya yang tajam dan khas. Ya, dia adalah bunga Kemuning.

Selain harum, tanaman jenis perdu ini juga memiliki buah berdaging dengan bentuknya bulat telur dengan panjang sekitar 8 hingga 22 mm, pada  pangkal dan ujungnya berbentuk lancip. Biasanya pada waktu buah belum masak, akan berwarna hijau muda, dan berubah menjadi tua mengkilap dan berbiji dua jika telah masak.

Jika Anda tertarik untuk menanam bunga kemuning sebagai penghias di pekarangan rumah, sepertinya hal ini merupakan pilihan yang sangat cocok. Tidak hanya membuat tampilan taman menjadi tampak asri dan cantik, harum bunganya dapat menjadi pewangi alami, tanpa perlu menyemprotkan pengharum ruangan lagi di rumah Anda.

Bunga kemuning sangat menyukai paparan sinar matahari, sehingga sangat cocok untuk ditanam di areal yang terkena langsung sinar matahari seperti taman atau halaman terbuka lainnya. Untuk perawatannya pun tidak jauh berbeda dengan tanaman hias lainnya. Anda cukup memperhatikan penyiraman dan pemberian pupuk sesuai kebutuhan saja. Dengan demikian, kemuning Anda akan tumbuh sehat dan akan selalu berbunga.

Untuk memperbanyak kemuning, bisa dilakukan dengan cara di stek batang, pencangkokan atau menyemai bijinya. Caranya biji yang tua diambil, kemudian disemai di dalam polybag. Setelah tumbuh sekitar 30 - 50 cm, bibit kemuning dapat ditanam sebagai tanaman hias.

Agar Warna Daun Anthurium Jenmani Cobra Tak Pudar, Ini Tips Merawat yang Benar

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah