logo


Ini Dia Tips Jitu Agar Anggrek Cattleya Rajin Berbunga

Rajin berbunga, kuncinya hanya memastikan kondisi tanaman tumbuh normal dan sehat

25 Agustus 2015 00:00 WIB

Anggrek Cattleya digemari hobiis karena bunga lebih semarak. (Ist)
Anggrek Cattleya digemari hobiis karena bunga lebih semarak. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dunia Tanaman hias kususnya bunga anggrek makin bergairah dengan kedatangan anggrek Cattleya teranyar. Penampilannya semakin glamor dengan warna-warna yang cerah , mulai putih polos, lidah merah, ungu, hingga kuning kombinasi merah.

Yang bermotif lebih mempertontonkan kemolekan dan keindahannya. Begitulah anggrek-anggrek ekslusif ini kian digandrungi para kolektor.

Cattleya digemari hobiis karena bunga lebih semarak. Tak hanya cantik, cattley termasuk anggrek rajin berbunga. Sekali berbunga 4-7 kuntum per tangkai. Setahun bisa 3-4 kali berbunga. Lagi pula, daya tahan bunga lebih lama, 1 bulan. Bunga awet alias tidak mudah layu atau rontok karena sepal tebal. Pantas sebagai ”pemanis” ruangan.

Agar rajin berbunga. Untuk membuat anggrek Cattleya rajin berbunga, kuncinya hanya memastikan kondisi tanaman tumbuh normal dan sehat. Berikan pupuk P lebih tinggi, seperti Simoniz dan Gaviota 2 minggu sekali di selang-seling dengan pemberian pupuk daun. Dosisnya sesuaikan aturan di label.

Lakukan steres air, cahay, dan sushu yang memacu tanaman segera berbunga. Biarkan tanaman ”berpuasa” air selama seminggu, setelah itu baru disiram seperti biasa. Stres suhu dengan memasukkan ke ruangan berpendingin (suhu 18-20 derjat celcius).

Cara lainnya juga bisa dilakukan dengan membungkus tanaman dengan kantong pelastik untuk menjaga kelembapan. Baru keesokan harinya kantong dibuka, lalu letakkan di tempat yang teduh.

Mengulik Keindahan White Egret, Spesies Anggrek yang Mirip Bangau Terbang

Halaman: 
Penulis : Hasballah