logo


Mengolah Ampas Wedang Secang Untuk Pestisida Nabati

Air peraman wedang secang dapat digunakan untuk mengusir walang sangit, belalang dan wereng

25 Agustus 2015 13:52 WIB

Wedang secang. (Ist)
Wedang secang. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wedang secang adalah minuman yang terbuat dari kulit pohon secang alias Caesalpinia sappan L. Wedang ini dibuat dengan cara merebus kayu secang yang sudah diserut, dicampur dengan kapulaga, kayu manis, serai, dan sedikit jahe.

Minuman ini adalah salah satu jenis minuman tradisional yang menyimpan banyak manfaat seperti meningkatkan stamina, mengatasi perut kembung, masuk angin, penghangat tubuh, mengatasi gangguan pembuluh darah koroner yang menyempit, dan juga berfungsi mengurangi tekanan darah. Jadi bisa dikatakan bahwa wedang secang adalah alternatif minuman isotonic impor berbagai merk yang selama ini gencar dipromosikan di media massa.

Namun tahukan Anda bahwa wedang secang juga berguna sebagai pestisida nabati yang alami? Berikut adalah cara mengaplikasikan ampas wedang secang sebagai pestida nabati untuk tanaman, yuk simak!


Jurus Jitu Menanam Cabai dalam Polybag

  • Bahan rempah-rempah yang didapat dari ampas wedang secang setelah disaring dapat dipakai kembali untuk pupuk cair dengan menambahkan laos/Lengkuas (Alpinia galangal L) sebanyak ΒΌ kg (dimemarkan), dan cabai sebanyak 1 ons.
  • Setelah itu, bahan rempah-rempah kemudian diperam dengan air matang sebanyak 15-20 liter selama 2 minggu (tanpa gula).
  • Terakhir, air peraman dapat digunakan untuk mengusir walang sangit, belalang dan wereng.

Mau coba membuatnya?

Cek! Ini Jurus Jitu Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana