logo


Cek Ya, Ini Cara Jitu Lebatkan Tabulampot!

Membuat tabulampot berbuah mungkin bagaikan sebuah misteri yang sulit dipecahkan para hobiis

24 Agustus 2015 15:35 WIB

Tabulampot srikaya. (Ist)
Tabulampot srikaya. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Memiliki tanaman buah di dalam pot alias tabulampot, adalah suatu hobby atau kesenangan tersendiri, apalagi kalau tanaman buah tersebut tumbuh subur dan berbuah lebat. Tabulampot biasanya diletakkan di pekarangan rumah, dan bisa dirawat secara intensif. Kalau tanamannya subur dan berbuah dengan baik, tabulampot bisa menjadi 'obat' penghibur hati bersama keluarga.

Namun tidak sedikit dari Anda yang mengalami kesulitan bagaimana merawat tanaman-tanaman tersebut agar tumbuh subur dan berbuah lebat. Mengupayakan tanaman buah untuk bisa berbuah mungkin bagaikan sebuah 'misteri' yang sulit dipecahkan oleh sebagian pecinta tanaman buah.

Terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan jika tanaman buah dalam pot mengalami masalah 'kemandulan' dalam berbuah di tanah pekarangan. Apa saja? Ini dia.


Strategi Jitu Budidaya Tomat Organik

  1. Menyiapkan media tanam untuk tabulampot, seperti tanah, sekam padi/serbuk gergaji, kotoran ayam/burung/kelelawar/walet, dan kompos/kotoran sapi/kambing/kuda. Campurkan semua bagian media tanam sampai merata.
  2. Siram media tanam dengan air.
  3. Masukkan media ke dalam pot dan istirahatkan selama 14 hari.
  4. Setelah media diistirahatkan selama 14 hari (2 minggu), maka bibit tanaman buah sudah bisa kita pindah tanam ke pot.
  5. Lakukan penyiraman secara rutin dean diusahakan jangan sampai kekeringan dan terlalu basah. Pangkas tanaman bila terlalu rimbun atau terdapat bagian tanaman yang rusak, gunakan pestisida yang ramah lingkungan untuk menangani hama dan penyakit. Pastikan tanaman terkena sinar matahari langsung.

Baca juga, Ini Adalah Faktor Penentu Keberhasilan Berkebun Tabulampot, Apa Saja?

Menanam Buah di Pekarangan Sempit, Tabulampot Solusinya

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana