logo


Ini Nih Tips Jitu Agar Jambu Air Berbuah Lebat, Cek Ya!

Jika tanaman jambu air belum berbuah, pemupukan sebaiknya dilakukan di awal musim hujan

24 Agustus 2015 11:45 WIB

Seorang anak memegang batang pohon jambu air. (Ist)
Seorang anak memegang batang pohon jambu air. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jambu air merupakan salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Ia merupakan buah jambu asal daerah Indo Cina dan Indonesia yang tersebat ke Malaysia dan pulau-pulau di Pasific. Buah jambu air memiliki rasa manis dan asam yang sangat menyegarkan yang ditambah dengan kandungan airnya yang melimpah.

Pada umumnya jambu air dimakan segar, tetapi dapat juga dibuat puree, sirop, jeli, jam/berbentuk awetan lainnya. Selain sebagai ‘buah meja’ jambu air juga telah menjadi santapan canggih dengan dibuat salada dan fruit coctail. Kandungan kimia yang penting dari jambu air adalah gula dan vitamin C. Buah jambu air masak yang manis rasanya, selain disajikan sebagai buah meja juga untuk rujak dan asinan. Kadang-kadang kulit batangnya dapat digunakan sebagai obat.

Nah, bagi Anda yang tertarik menanam atau bahkan sudah memiliki pohon jambu air, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui berkenaan dengan siklus pemupukannya. Niscaya dengan memperhatikan pemupukan ini, jambu air Anda akan lebat berbuah.


Jurus Jitu Menanam Cabai dalam Polybag

Lantas, bagaimana aplikasi pemupukan jambu air tersebut? Simak uraian JITUNEWS di bawah ini ya!

  • Jika tanaman jambu air belum berbuah, pemupukan sebaiknya dilakukan di awal musim hujan dengan memberikan pupuk kandang dan urea. Jumlah pupuk kandang maksimal 3 kaleng susu ukuran besar dan 100 gram urea. Berikutnya berselang 2 minggu, berikan 200 gram urea yang dicampurkan dengan 300 gram KCL.
  • Jika tanaman sudah berbuah, pemupukan sebaiknya dilakukan di awal musim hujan menjelang tanaman berbunga. Dosis sama seperti perlakukan di atas dengan kadar urea : KCL adalah 300 gram : 150 gram. Pada saat buah keluar dan berumur sekitar 1 bulan, berikan pupuk kandang tambahan sebanyak 2 kaleng.
  • Pemupukan keseluruhan dilakukan dengan cara membenamkan pupuk di dalam tanah seluas ukuran tajuk terluar. Hal tersebut disebabkan akar-akar halus jambu air berada di sekitar lebar tajuk pohon tersebut.

Nah, semoga tipsnya bermanfaat ya!

Cek! Ini Jurus Jitu Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Halaman: 
Penulis : Riana