logo


Pleci Kacamata Togian, Burung Endemik Sulteng yang Terancam Punah

Nama ilmiah burung ini digunakan untuk menghormati Prof. Soekarja Somadikarta

18 Agustus 2015 14:52 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM – Berbagai jenis burung pleci atau kacamata mungkin sudah dikenal luas kicau mania dunia, namun terdapat satu jenis pleci yang baru dikenal oleh dunia luas yaitu kacamata togian.

Spesies kacamata yang baru dideskripsikan pada tahun 2008 ini merupakan endemik Kepulauan Togian, Sulawesi Tengah. Meskipun termasuk jenis burung kacamata, namun pleci kacamata togian cukup unik karena tidak memiliki lingkar mata putih sebagaimana jenis pleci pada umumnya.

Jenis burung kacamata ini cukup menarik perhatian para peneliti karena mempunyai bagian dahi yang berwarna hitam seperti yang dimiliki oleh kacamata dahi-hitam atau Zosterops atrifrons yang juga banyak ditemukan di wilayah Sulawesi. Akan tetapi yang unik dari kacamata togian ini justru tanpa kacamata atau lingkaran berwarna putih yang ada di sekeliling mata.


Unik, Tim Mahasiswa Ini Ciptakan Parfum dari Feses Domba!

Burung yang memiliki nama latin Zosterops somadikartai ini hidup secara berkelompok, mereka biasanya ditemukan di semak-semak dekat hutan mangrove, kebun kelapa dan campuran, serta di hutan-hutan terbuka di dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 100 meter di atas permukaan laut.

Yang perlu Anda ketahui dari burung unik satu ini ialah nama latinnya, sebab nama tersebut digunakan untuk menghormati Prof. Soekarja Somadikarta, Bapak Ornitologi Indonesia yang juga perintis cikal bakal penelitian observasi burung secara sistemik di Indonesia.

Terbatasnya wilayah persebaran dan kawasan yang terfragmentasi membuat kacamata togian pernah dianggap dalam status Genting. Namun karena jenis kacamata ini ternyata bisa beradaptasi dengan perubahan habitat dan juga terbiasa dengan aktivitas manusia, maka statusnya kemudian diturunkan menjadi Terancam Punah oleh IUCN. (sumber: agrobur)

Wow, Ternyata Anjing Dapat Mengendus Kanker Lho!

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana