logo


Indonesia Ekspor Bawang dan Jagung, Mentan Beri Apresiasi ke Petani

Mentan: Pemberitaan di media massa harus berimbang

18 Agustus 2015 00:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa pemerintah perlu memberikan apresiasi kepada para petani. Karena atas kerja keras petani, hingga saat ini Indonesia bisa mengekspor bawang merah.

"Dalam minggu ini dan minggu depan, kita akan mengekspor bawang merah. Sementara jagung sudah terlebih dahulu kita ekspor 400.000 ton. Ini adalah tanda bahwa para petani kita sudah sangat produktif," kata Menteri Amran, Selasa (18/8), di kantor Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta.

Mentan juga menjelaskan, ekspor bawang dan jagung ke luar negeri, menandakan bahwa kebutuhan dalam negeri sudah tercukupi dengan baik. Bahkan, terkait dengan harga bawang di dalam negeri, lanjut Mentan, harga bawang pada saat ini sudah sangat murah di tingkat pasar.


Diperkirakan Harga Bawang Merah Naik Hingga Desember

"Saat ini harga bawang merah di pasar sudah turun Rp 4.000 dari harga sebelumnya yang mencapai 40.000. Artinya turun 9-10 persen, dan ini juga perlu untuk diceritakan kepada masyarakat," ungkapnya.

Ke depan, Mentan berharap agar informasi yang disampaikan kepada masyarakat melalui media hendaknya berimbang. Tidak hanya mencari rating dengan mengangkat berita-berita harga naik, tetapi harga turun juga perlu untuk diceritakan.

"Kalau berita harga naik diceritakan, berita harga turun juga seharusnya diberitakan juga, agar seimbang," tukasnya.

Terkait Impor Jagung, Buwas: Kenapa Harus Impor...

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro