logo


Segarnya Plum Tabulampot Dataran Rendah, Mau Coba?

Tabulampot plum sebaiknya diletakkan di tempat yang terkena pantulan sinar matahari langsung

17 Agustus 2015 15:36 WIB

Buah plum. (Foto : IST)
Buah plum. (Foto : IST)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tidak banyak yang mengetahui tentang plum subtropis prunus. Ia merupakan salah satu jenis buah plum yang bisa di tabulampotkan sehingga cocok menjadi koleksi hobiis tanaman buah. Buah ini memiliki ukuran seperti apel malang dan dapat berbuah ketika berumur satu tahun. Buah plum ini memiliki rasa yang manis asam bercampur sepat.

Plum merupakan kerabat dekat dari Flacourtia dan termasuk jenis F. inermis yang biasa dikenal dengan nama lobi-lobi. Habitat lobi-lobi tersebar luas di India, Indonesia, dan Papua Nugini. Namun, kini tumbuhan tersebut juga menyebar ke berbagai daerah di benua Amerika dan Australia.

Di Amerika tumbuhan ini biasa dijadikan tanaman hias sementara di Australia, loro-lori biasa orang menyebutnya kerap di tanam para pecinta kupu-kupu untuk mengundang serangga. Pucuk tumbuhan yang berwarna merah menjadi salah satu penyebab datangnya keluarga Papilionidae itu datang.


Bali Bakal Menggelar Festival Manggis, Catat Tanggal Mainnya Ya!

Di Indonesia sendiri, para penangkar tabulampot menyematkan kata plum lantaran sosok buahnya yang serupa dengan Prunus salicina yang merupakan plum di Jepang dengan warna merahnya serta bentuknya yang bulat dan daging buah kuning kemerahan yang empuk layaknya anggur. Meski begitu, plum dataran rendah ini memiliki ukuran yang kecil dibandingkan dengan plum jepang yang relatif tebal.

Menanam buah plum yang segar dapat dilakukan hingga memiliki ketinggian sekitar 1 meter dengan diameter 60 cm. Tanaman ini dapat di tanam pada daerah yang memiliki dataran rendah, karena jika di tanam pada daerah dataran tinggi sekitar 580 mdpl maka pertumbuhan tanaman akan menjadi kurang produktif.

Bagi Anda yang hendak membuahkan plum dalam pot, dalam kurun waktu 1 sampai 2 bulan pasca cangkok, bibit tanaman ini siap dipindahkan ke dalam pot. Caranya dengan mencampurkan tanah dengan pupuk kotoran sapi atau kambing dengan komposisi 1:1. Penggunaan pupuk kandang dilakukan ketika media tanam sudah menyusut.

Untuk penyiramannya sendiri dapat dilakukan sehari sekali jika media kering. Tabulampot plum dataran rendah sebaiknya diletakkan di tempat yang terkena pantulan sinar matahari langsung.

Ini Penyebab Sayuran Organik Berbentuk ‘Tak Sempurna’

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana